Selasa, 18 Mei 2021

Mudik Tak Boleh, Takbir Keliling pun Dilarang, Ini Penjelasan Bupati Cilacap

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji bermasa Forkopimda

Setelah keluarkan kebijakan larangan mudik, kini Bupati Cilacap juga melarang kegiatan takbir keliling (tarling). Takbir dan salat Idul Fitri diminta agar dilaksanakan di dalam masjid dengan protokol kesehatan ketat. Kebijakan tersebut dikeluarkan dalam rangka pengendalian penyebaran Covid-19 di Cilacap yang terbilang masih tinggi.


Cilacap, serayunews.com

“Tidak ada takbir keliling, takbir di rumah boleh, di masjid boleh, untuk salat ied kalau bisa di masjid, tapi bagi zona hijau atau kuning boleh di lapangan, tapi tetap menerapkan protokol kesehatan ketat,” kata Bupati usai  rakor bermasa Forkopimda di ruang Gadri, Selasa (04/05).

Bupati menambahkan, peran aparat pemerintah dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa, bersama aparat TNI Polri dan dewan masjid, ikut membantu mengawasi jalannya kegiatan keagamaan jelang hari raya Indul Fitri tahun ini.

Selain itu, Bupati juga secara tegas melarang seluruh warganya di perantauan mudik ke Cilacap. Jika ada yang ketahuan mudik akan dikarantina dengan melibatkan Satgas Desa.

“Saya menghimbau kepada semua orang tua yang ada di Cilacap untuk menghubungi anak dan saudaranya untuk tidak mudik, saya akan membuat aturan bersama, yang mudik akan dikembalikan,” ujar Bupati.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menghimbau masyarakat untuk tidak mudik

Ditempat sama, Kapolres Cilacap AKBP Leganek Mawardi manyampaikan, pihaknya akan segera menggelar pasukan untuk mengamanankan titik perbatasan tertutama perbatasan Jawa Tengah Jawa Barat, dan titik perbatasan antar kabupaten.

“Kita ada pos pengamanan di daerah pusat perbelanjaan dan daerah ramai seperti stasiun dan pelabuhan Cilacap. Pos penyekatan, ada di lintas perbatasan provinsi  seperti di Mergo Dayeuhluhur dan Rawaapu Patimuan, dan perbatasan kabupaten di Sampang dan Nusawungu. Serta ada pos pelayanan dan pos terpadu,” ujarnya.

Editor :M Amron

Berita Terkait

- Advertisement -

Berita Terkini