Sabtu, 17 April 2021

Nekat Mudik ke Banyumas, Akan Berhadapan dengan Satgas di Tingkat RT RW

banyumas melarang mudik lebaran, larangan mudik, larangan mudi banyumas, serayunews, serayu news, berita terkini, berita hari ini
Ilustrasi Mudik

Pemerintah telah melarang mudik di masa Lebaran. Langkah itu sebagai antisipasi agar Covid-19 tidak merebak. Namun, Pemerintah Kabupaten Banyumas tetap waspada dan akan membentuk Satgas Covid-19 di tingkat RT dan RW.


Purwokerto, serayunews.com

Pembentukan tersebut, karena mereka dianggap yang paling dekat dengan masyarakat, sehingga bisa memantau lingkungannya secara langsung.

“Saya meminta kepada gugus tugas desa untuk membentuk gugus tugas tingkat RT RW sebagai pintu gerbang terakhir. Mereka paling dekat dengan masyarakat, mengantisipasi terbaik,” ujar Bupati Banyumas, Achmad Husein, Rabu (7/4).

Husein menambahkan, bahwa larangan mudik sudah jelas dari pemerintah pusat. Namun, dari pengalaman pihaknya pada tahun lalu, masih saja ada orang yang nekat menerobos untuk mudik dengan melalui jalur tikus.

“Kita nanti akan lakukan tindakan secara edukatif, persuasif untuk karantina sendiri, di balai desa atau tempat yang disediakan, atau di GOR Satria,” kata dia.

Tidak hanya itu, pihaknya juga akan menyiapkan rapid tes antigen. Masyarakat yang tidak mau dikarantina massal wajib dites menggunakan rapid tes antigen dan berbayar.

“Bisa kita berikan subsidi bagi yang tidak mampu, bisa juga secara gratis, kalau memang ada surat keterangan desa kalau dia benar-benar miskin,” ujarnya.

Untuk pengamanan di wilayah perbatan, Husein mengungkapkan hampir sama seperti tahun lalu, dimana ada beberapa penjagaan dari berbagai pihak. Kemudian pihaknya juga akan memperketat jalur-jalur tikus, yang biasa dilalui pemudik yang nekat menerobos wilayah Kabupaten Banyumas.(san)

Berita Terkait

- Advertisement -

Berita Terkini