Sabtu, 17 April 2021

Pembelajaran Tatap Muka di SMPN 1 Cilacap, Awalnya Siswa Sempat Kebingungan

pembelajaran tatap muka, ptm, cilacap, serayunews, seray news, berita terkini, berita hari ini
Uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Kabupaten Cilacap

Ujicoba pelaksanaan pembelajaran tatap muka atau PTM di SMP Negeri 1 Cilacap sebagai sekolah percontohan berjalan lancar. Hal ini karena berbagai persiapan telah dilakukan secara matang oleh pihak sekolah tersebut  bahkan standar operasional prosedur ditetapkan melalui surat keputusan kepala sekolah.


Cilacap, serayunews.com

Kepala Sekolah SMPN 1 Cilacap melalui Wakil Bidang Kurikulum Wawan Kuswanto mengatakan, ujicoba pelaksanaan pembelajaran tatap muka yang dimulai sejak Senin (5/4/2021), hingga hari ini, Kamis (8/4/2021) berjalan lancar.

“Alhamdulilah sejauh ini tidak ada kendala yang berarti dalam pelaksanaan, memang pada hari pertama saja ada beberapa siswa masih kebingungan. Namun pada hari selanjutnya semua berjalan sesuai yang di harapkan,” katanya.

Ia menambahkan, faktor bisa berjalan lancarnya ujicoba ini lantaran guru, murid serta orang tua bisa melaksanakan SOP dengan baik. Dari mulai kedatangan siswa, jalur masuk kelas, pada saat proses pembelajaran, serta jalur keluarnya pun sudah di tentukan. Ditambah lagi setiap titik yang berpotensi kerumuman dijaga oleh guru pada jam pulang sekolah.

“Jadi kami ada grup untuk berkoordinasi dengan orang tua siswa yang jumlahnya 110 orang ini, dan harus dipastikan bahwa setelah mengantar anaknya orang tua juga harus memberi kabar kalau sudah sampai rumah,” tuturnya.

Dalam proses pembelajaran, kata dia, hanya dilaksanakan 4 jam, dengan waktu 30 menit perjamnya, serta tanpa adanya jam istirahat. Ditambah lagi setiap guru yang akan mengisi materi diwajibkan sudah berada di depan kelas 30 menit sebelumnya.

“Sehingga diharapkan tidak ada waktu kosong, karena berpotensi menimbulkan kerumunan atau bahkan keriuhan di dalam kelas. Selain siswa juga lebih fokus dalam belajar, karena yang mengikuti ujicoba ini merupakan siswa kelas 9 yang akan mengikuti ujian sekolah dalam waktu dekat,” kata Wawan.

Ia menjelaskan, dalam ujicoba pelaksanaan PTM ini, terdapat laporan berkala setiap harinya, melalui aplikasi kepada Pemerintah Provinsi. Baik guru, siswa, maunpun kepala sekolah, sekolah serta orang tua, dengan begitu setiap terdapat kendala serta permasalahan akan mudah diselesaikan.

“Meski demikian kami melihat siswa tampaknya senang sekali bisa kembali bersekolah, kami para guru pun senang. Karena bisa beraktifitas kembali seperti sediakala walaupun dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” jelasnya.

Editor :M Amron

Berita Terkait

- Advertisement -

Berita Terkini