Pemkab Akan Swab Penghuni Gereja dan Jamaahnya

 


Purwokerto, Serayunews.com- Setelah ditemukannya tiga orang pastur dan dua karyawan Gereja Katolik Keuskupan Purwokerto terpapar Covid-19. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas, rencananya akan melakukan swab massal kepada penghuni gereja serta jamaahnya.

“Jadi nanti kita lakukan swab di gereja yang romo nya terkena, termasuk jamaahnya. Pak Bupati sudah perintah seperti itu,” kata Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono, Sabtu (8/1).

Sadewo menjelaskan swab tersebut dilakukan secara bertahap, meski target Pemkab Banyumas melakukan swab sebanyak 20.000 orang. Namun, karena keterbatasan laboratorium, sehingga mereka hanya melakukan swab secara bertahap.

“Kita saat ini di Margono, Margono itu kan milik Provinsi, dan menampung empat Kabupaten. Saat ini Unsoed sendang membuat laboratorium, kalau memang sudah jadi, kemungkinan Unsoed bisa menampung swab sehari 200 orang, jadi kita bisa lebih cepat karena Unsoed hanya untuk Banyumas,” kata dia.

Sementara itu, dengan penemuan orang yang terpapar Covid-19 di Gereja tersebut, hingga saat ini masih menurut Sadewo, pihaknya belum memutuskan untuk melakukan swab massal ke sejumlah tempat ibadah lainnya.

“Kalau masalah tempat ibadah lain, kita keputusannya bersama, melibatkan seperti MUI, FKUB. Pak Bupati juga tidak mau memutuskan sendiri,” ujarnya.

Komentar