Pemkab Banyumas Sulap Bekas Kandang Babi Jadi Taman Asmaul Husna

Taman Asmaul Husna di Purwokerto Selatan

Purwokerto, Serayunews.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas berhasil menyulap sepetak tanah bekas kandang babi di Kelurahan Berkoh, Kecamatan Purwokerto Selatan di sulap menjadi taman yang cukup apik. Nama taman tersebut yakni Taman Asmaul Husna.


Setelah taman tersebut dibangun beberapa waktu lalu, Bupati Banyumas, Ir Achmad Husein menyempatkan diri untuk mengunjungi taman tersebut bersama sejumlah Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Banyumas dengan mengendarai sepeda bertajuk “Gowes Infrastuktur”, Jumat (24/1).

“Taman ini, dikenal oleh warga sebagai kandang babi. Dari kandang babi ini kita ubah menjadi taman dan namanya Taman Asmaul Husna,” kata Bupati.

Bupati menceritakan taman ini dibangun bermula pada tahun 2018 lalu Kelurahan Berkoh mendapatkan juara lombat Habitat. Kemudian oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mendapatkan bantuan dana Rp 500 juta yang akhirnya diperuntukan untuk membangun Taman Asmaul Husna.

Kemudian pada tahun 2019 digelontorkan kembali dana pendapingan sebesar Rp 118 juta. Data tersebut diberikan untuk kembali membangun sejumlah infrastruktur di taman tersebut.

Sementara itu menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyumas, Suyanto menjelaskan, dengan adanya taman tersebut telah Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Purwokerto. Dimana saat ini RTH di Purwokerto baru ada 10.

“Selain itu di luar Kota Purwokerto juga sudah ada 10 RTH jadi totalnya baru 20 RTH. Bupati sudah memerintahkan untuk ditambah lagi,” kata dia.(san)

Komentar