Delapan Mobil Damkar Padamkan Kebakaran di Pabrik Kayu Lomanis

CILACAP,SERAYUNEWS.COM-Delapan unit mobil pemadam kebakaran berhasil memadamkan api yang menghanguskan pabrik kayu sekitar pukul 10.00 WIB. Sejumlah barang yang mudah terbakar dan luasnya kondisi bangunan yang terbakar membuat petugas kesulitan memadamkan api. Api pertama kali berkobar di sekitar Cerobong pabrik PT Mitra Karya Usaha yang berada di jalan MT Haryono Kelurahan Lomanis Cilacap pada Jumat (18/8/2017) pagi sekitar pukul 05.00 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, sementara kerugian ditaksir mencapai ratusan juta.

Mobil Damka dari Satpol PP Cilacap dan Mobil Watercanon Polres Cilacap Padamkan Kebakaran di Pabrik Kayu Lomanis, Jumat 18 Agustus 2017

Salah satu karyawan pabrik, Yusuf mengatakan, api percikan api bersumber dari ketel uap atau boiler yang berada di sekitar mesin pengolah kayu. Api tersebut diduga berasal dari percikan arus pendek listrik. Karena angin yang cukup besar, api merembet ke sejumlah kayu dan peralatan lain yang mudah terbakar.

“Saat itu kondisi pabrik hanya ada beberapa karyawan karena masih libur,” ungkapnya.

Petugas keamanan pabrik kemudian melaporkan kejadian itu ke unit Pemadam Kebakaran Cilacap, yang saat ini berada di bawah Satuan Polisi Pamong Praja (SatopolPP). Tak berselang lama, sejumlah mobil pemadam kebakaran tiba dilokasi memadamkan api. Mobil Water Canon milik Polres Cilacap juga turut memadamkan api.

Kondisi sebagian gudang Pabrik Kayu rusak karena terbakar

Terpisah, Kapolsek Cilacap Tengah AKP Achen Rohman mengatakan, api berhasil dipadamkan seluruhnya oleh 8 unit mobil pemadam kebakaran dari Pemda Cilacap, Water Canon dan RU IV Pertamina. Kerusakan akibat kejadian itu diantaranya enam oven pengolahan kayu mengalami kerusakan, sejumlah kayu olahan terbakar, dan sebagian kecil gudang yang terbakar. Proses pemadaman api yang berlangsung lama, karena kondisi bangunan dan angin yang cukup kencang.

“Tidak ada korban luka maupun korban jiwa dalam kejadian itu. Sementara kerugian materiil masih dalam perhitungan. Bila dilihat dari kondisinya, ditaksir lebih dari 100 juta,” jelasnya.

kebakaran pabrik kayu, pabrik kayu lomanis
Kobaran api pada Pabrik Kayu Lomanis terlihat dari jalan menuju Pelabuhan Lomanis