Perlu Persiapan Matang Untuk Masuk ke New Normal

Cilacap, Serayunews.com- Akan diberlakukannya kehidupan normal baru atau New Normal, perlu dilakukan pertimbangan dan persiapan yang matang. Hal ini dilakukan, agar dengan adanya kehidupan baru justru membuat meningkatnya kasus baru Covid-19.

Terutama jika akan dibuka kembali kegiatan belajar mengajar di sekolah, harus benar-benar dipersiapkan dengan baik. Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Cilacap Saiful Musta’in.

“Kita harus analisa dengan matang, situasi ini, apa sudah aman untuk anak-anak kita pergi ke sekolah. Terutama yang masih di PAUD, TK maupun di tingkat SD. Kalau data kita tidak matang, misalnya Idulfitri ini, harapan kita menurun, tetapi justru naik, maka harus dihitung ulang,” katanya.

Meskipun, kata dia saat ini, melihat realita bahwa anak-anak sudah terlihat jenuh di rumah dan di ruang asosial. Namun, jika untuk kesehatan dan keamanan anak didik, hal tersebut masih perlu dilakukan.

Pola budaya juga harus dirubah menjadi kehidupan normal baru, dengan mengedepankan protokol kesehatan Covid-19. Agar kasus positif Covid-19, bisa turun, bahkan bisa hilang.

“Ada pelajaran yang sangat berharga dengan adanya pandemi ini, meskipun harus prihatin. Kita harus mempunyai cara hidup baru, yang sebenarnya sudah di ajarkan oleh nenek moyang kita, tetapi hari ini kita diingatkan dengan adanya pandemi ini, dengan cuci tangan,” katanya.

Perubahan harus dilakukan di segala lini, tidak hanya di bidang pendidikan. Termasuk tata kerja pemerintahan, harus ada tradisi baru, agar menjaga kesehatan. Sehingga pandemi ini bisa berkurang bahkan hilang.

“Di DPRD sendiri saya kira, akan tetap mempertahankan budaya yang sudah ada saat ini, seperti cuci tangan, penggunaan masker, menjaga jarak, dan pola lainnya yang itu sebetulnya ada dari dulu, tetapi agak berubah. Serta memanfaatkan teknologi informasi untuk menjalankan rutinitas kerja kita, misalnya dengan cara teleconference sebagai alternatif dalam melakukan pola kerja terutama pada daerah atau dapil,” ujarnya.

Sebelumnya, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mengatakan jika New Normal akan dilaksanakan di Cilacap, jika daerah ini sudah masuk zona hijau. Meskipun demikian, persiapan menuju ke New Normal ini diakui sudah mulai dilaksanakan di beberapa sektor.

Komentar