Selasa, 18 Mei 2021

Perpanjang SIM Semudah Pesan Delivery Pizza, Begini Caranya 

sim online, launching sim online, serayunews, serayu news, berita terkini, berita hari ini
Launching SIM Online melalui Zoom Meeting di Satlantas Purbalingga, Selasa (13/04/2021) sore.

Setelah diluncurkan Elektronik Traffic Law Enforcement (ETLE), kini diluncurkan SIM online. Polri terus melakukan inovasi untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat. Termasuk di Satlantas Purbalingga,dimana pembuatan atau perpanjangan SIM secara online siap diterapkan.


Purbalingga, serayunews.com

Secara resmi pelayanan SIM online telah dilaunching secara serentak, melalui virtual oleh Kapolri, Selasa (13/02/2021). Inovasi ini merupakan pembuktian janji Kapolri saat fit and proper tes di hadapan komisi III DPR RI, yaitu membuat layanan SIM dengan mudah.

“Nanti dari aplikasi itu, masyarakat bisa mendownload melalui google play store kalau untuk iphone insya allah menyusul. Dengan aplikasi itu masyarakat bisa mengisi menginput data, untuk memperpanjang SIM. Intinya memudahkan seperti memesan pizza delivery dari rumah,” kata Kapolres Purbalingga, AKBP Frannky Ani Sugiharto melalui Kasat Lantas AKP Rizky Widyo Pratomo, usai acara di Kantor Satlantas Purbalingga, Selasa sore.

Meskipun sudah di launching, namun di Purbalingga saat ini belum bisa difungsikan. Sebab, masih ada beberapa yang perlu dipersiapkan dan disosialisasikan lagi.

“Sementara melihat perkembangan dulu, nanti kita sosialisasi ke masyarakat. Mengingat ini baru dilaunching nanti servernya down, karena digunakan bersama dalam jumlah cukup besar. Jadi ada kemungkinan terjadi gangguan,” katanya.

Dijelaskan, bahwa terobosan ini tidak sebatas untuk memenuhi janji Kapolri saja. Namun, merupakan upaya meningkatkan pelayanan. Termasuk juga awal untuk adaptasi dengan perkembangan zaman. Selain itu, juga upaya untuk membasmi praktik-praktik pungli yang dilakukan oknum.

“Kalau kaitan itu sudah pasti, tadi juga disampaikan untuk mencegah interaksi dengan petugas, ada yang main mata di belakang dan lain-lain. Termasuk dalam rangka Covid ini, penerapan protokol kesehatan tetap dijaga, melalui kemudahan digital, bisa memutus Covid,” kata Rizki.

Dia menambahkan, meskipun nanti sudah melalui digital, namun petugas masih melayani pemohon SIM dengan cara konvensional. Mengingat tidak semua masyarakat menguasai digital. “Itu tetap, nanti secara konvensional masih dilayani,” ujarnya.

Editor :M Amron

Berita Terkait

- Advertisement -

Berita Terkini