Petugas Gabungan Semprotkan Desinfektan di Perkotaan Purwokerto

Purwokerto, Serayunews.com- Petugas gabungan yang terdiri dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Banyumas, Korem 071 Wijayakusuma, Kodim 0701 Banyumas dan Polresta Banyumas melakukan penyemprotan desinfektan di sejumlah wilayah perkotaan Purwokerto. Dalam penyemprotan tersebut mereka mengerahkan kendaraan anti massa, seperti kendaraan water cannon, Kamis (26/3).

Menurut keterangan Kapolresta Banyumas, Kombes Pol Whisnu Caraka SIk, penyemprotan desinfektan secara masal tersebut setelah adanya koordinasi lintas pimpinan.

“Ada tiga rute yang kita ambil, dari Alun-alun sampai berkoh oleh Polisi, ke arah Polresta itu dari TNI, Pemadam Kebakaran karena tidak bisa menyemprot sambil berjalan, akan ada rute-rute tersendiri,” kata dia.

Personel gabungan tersebut ada sekitar 100 orang lebih, dengan kapasitas mobil water cannon milik Polresta Banyumas mencapai 6.000 liter.

“Isinya desinfektan yang sudah dicampur sedemikian rupa, sudah disesuaikan dengan standar dari Dinas Kesehatan,” ujarnya.

Penyemprotan ini juga diharapkan bisa menimbulkan kesadaran bagi masyarkat dan moralitas masyarakat lebih meningkat, seperti tidak melakukan kerumunan dan selalu menjaga kebersihan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

Masih menurut Kapolresta, ada koordinasi lanjutan untuk membahas penyemprotan secara rutin, dengan mengatur jadwal pihak-pihak yang melakukan penyemprotan tersebut.

“Sementara di wilayah perkotaan saja, secara berkala. Mudah-mudahan akan terus dilakukan, itu kan katanya desinfektan bertahan tiga hari, di situ akan bergiliran (penyemprotan, red),” kata dia.

Komentar