Petugas KAI dicek Urin BNNK, Ini Hasilnya

Purwokerto, Serayunews.com-Sejumlah petugas PT KAI Daop 5 Purwokerto dilakukan tes urine oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Banyumas. Tes urine tersebut dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang hendak menggunakan jasa transporasi kereta api (KA), Selasa (31/12).

Manager Humas Daop 5 Purwokerto, Supriyanto mengatakan, sebagai bentuk dukungan menjaga keselamatan serta keamanan perjalanan KA, khususnya pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019-2020, sejumlah personil dilakukan pemeriksaan kesehatan serta tes urine narkoba.

“Untuk memastikan pekerja kami yang bertugas menjaga keselamatan dan keamanan perjalanan KA< kami melakukan sidak deteksi penyalahgunaan narkoba di beberapa lokasi sejak tanggal 19 Desember 2019. Pada tanggal tersebut unit kesehatan KAI sudah melakukan pemeriksaan ke beberapa lokasi JPL maupun unit-unit operasional di sepajang jalur KA, 65 orang yang diperiksa dinyatakan negatif dari obat-obatan terlarang,” ujarnya.

Kemudian pada hari Selasa (31/12), pihaknya menggandeng BNNK Banyumas untuk turut melakukan pemeriksaan narkoba di Stasiun Purwokerto. Pemeriksaan dilakukan dari mulai petugas keamanan (Polsuska) serta petugas crew KA dari mulai masinis hingga kondektur.

“Dari 29 petugas yang hari ini dilakukan sampling pemeriksaan narkoba, semuanya juga dinyatakan negatif. Tidak hanya dilakukan tes urine petugas BNNK juga memberikan sosialisasi dampak dari penyalahgunaan narkoba maupun obat-obatan terlarang,” ujarnya.

Pohaknya berharap, dengan adanya pemeriksaan dan deteksi dini terkait narkoba ini, petugas PT KAI selalu terhindar dari penyalahgunaan narkoba maupun obat-obatan terlarang. “Apabila ada petugas yang dinyatakan positif, kami akan melakukan tindaklanjut dengan pemeriksaan lebih lanjut untuk mendalaminya,” kata dia.(san)

Komentar