More

    Rasakan Sensasi The Real Adventure di Desa Gunung Wuled

    Wisatawan menjelajah desa gunung wuled menggunakan kendaraan Jeep, minggu (16/8/2020)

    Naik Jeep, Jelajah hutan dan Berburu

    Purbalingga, serayunews.com – Desa Gunungwuled, Kecamatan Rembang miliki bentang alam yang menawan. Karena berada di area perbukitan, akses jalan yang tak semudah wisata pada umumnya. Oleh karena itu, Pemdes dan pengelola wisata setempat akan kembangkan wisata minat khusus.

    Kepala Desa Gunungwuled, Nasirudin Latif, mengatakan akses jalan memang cukup terjal. Karena berada di daerah ketinggian. Namun demikian, bukan berati tak bisa kembangkan menjadi desa wisata.

    “Kondisi jalan memang seperti itu (berkelok dan terjal, red), tapi itu lah sensasinya di daerah perbukitan,” kata Latif, Minggu (16/08/2020).

    Dia menjelaskan, kondisi alam desa setempat cukup bisa menjadi modal untuk menarik wisatawan. Namun, pihaknya juga memiliki keinginan agar kelestarian tetep terjaga. Oleh karena itu, pengelola ingin menawarkan konsep ekowisata atau ekoturisme.

    “Kami ingin selain menjadi destinasi wisata, juga kelestariannya tetep terjaga. Jadi bukan semata menjual panorama alam saja. Jadi kami ingin tawarkan konsep ekoturisme,” katanya.

    Ditambahkan, bahwa ekowisata yang akan ditawarkan tetep bersifat petualangan atau adventure. Diantaranya adalah berburu langsung dikawasan hutan desa setempat. Karena, di kawasan tersebut banyak berkeliaran babi hutan. Kondisi itu cukup meresahkan masyarakat, khususnya pemilik sawah dan ladang.

    “Jadi, selain budaya dan produk kerajinan, ada yang ekslusif lagi, yaitu berburu babi hutan. Masyarakat di dusun SiPentul itu meminta agar APBDes mengalokasikan pengendalian hama babi hutan, saya berpikir mengapa tidak kita kolaborasikan saja dengan paket wisata, babi hutan akan terkendali oleh objek perburuan, di sisi lain kami memperoleh pendapatan,” kata Latif.

    Masih dari Latif, karena konsep wisatanya termasuk wisata minat khusus, maka pangsa pasar tentu bukan sebatas wisatawan lokal. Namun lebih luas lagi. Namun demikian pihaknya tetep optimis untuk bisa berpendapatan. Sebab, jika dibuat paket akan bisa menaikan harga jual.

    “Ibaratnya tidak perlu 100 orang, untuk dapat satu juta, cukup 10 orang saja. Dampak lingkungannya pasti beda. Karena tema yang kita jual, bukan objek,” katanya.

    Sementara itu, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM mengungkapkan Dusun Sipetul memiliki potensi wisata yang tidak dimiliki desa lain di Purbalingga, yakni mata air panas di Kalianget. Medan menuju dusun ini diakui penuh tantangan, hanya bisa dilalui dengan jalan kaki atau dengan kendaraan offroad.

    “Nantinya potensi ini bisa dikonsepkan oleh Dinporapar dan Owabong, setelah konsep matang nanti insyaallah kita akan mendorong agar potensi ini bisa dikembangkan,” katanya.

    Terlebih nantinya Purbalingga akan ada Bandara JB Soedirman. Tentunya sektor wisata perlu digarap untuk menunjang keberadaan bandara.

    “Hari ini saya survey langsung sekaligus menyemangati Pokdarwis yang selama pandemi ini menjadi sektor terdampak dengan harapan agar wisata ini kembali menggeliat tentunya dengan memperhatikan protokol kesehatan,” katanya. (Amin)

    Berita Terkait

    HUT Ke 75 PMI, Ratusan Warga Donor Darah Untuk Kemanusiaan

    BANJARNEGARA, Serayunews.com-Memeringati hari PMI ke 75, ratusan warga mengikuti kegiatan donor darah yang dilaksanakan di sekretariat PMI Cabang Banjarnegara. Kegiatan tersebut digelar sebagai wujud...

    Mengenal Tabebuya Bukan Bunga Sakura, Tanaman Peneduh di Purwokerto

    Purwokerto, Serayunews.com- Memasuki musim kemarau, berbagai jenis bunga mulai bermekaran. Termasuk si kuning di sepanjang jalan Jenderal Soedirman Purwokerto, yakni Bunga Tabebuya. Bunga asal Brasil...

    Agar Tetap Produktif, Pensiunan Pegawai RRI Dibekali Kemampuan Usaha

    Purwokerto, Serayunews.com- Sebagai bentuk kepedulian terhadap pegawai RRI yang sudah purna tugas maupun menjelang purna, Manajemen RRI memberikan pembekalan pelatihan kewirausahaan, agar mereka bisa...

    Sejumlah Anggota Kodim Banyumas Yang Terpapar Covid Kini Dinyatakan Negatif

    Purwokerto, Serayunews.com- Menyusul adanya anggota  yang terkonfirmasi positif Covid-19,  Kodim 0701 Banyumas langsung melakukan swab massal kepada anggotanya. Hasilnya, dari 300 anggota yang diswab, ada yang...

    Berita Terkini

    HUT Ke 75 PMI, Ratusan Warga Donor Darah Untuk Kemanusiaan

    BANJARNEGARA, Serayunews.com-Memeringati hari PMI ke 75, ratusan warga mengikuti kegiatan donor darah yang dilaksanakan di sekretariat PMI Cabang Banjarnegara. Kegiatan tersebut digelar sebagai wujud...

    Barisan Politisi Kampung Targetkan Raup Suara 80 Persen Untuk Pasangan Tiwi-Dono

    Purbalingga, Serayunews.com - Dukungan kepada pasangan bakal calon Bupati-Wakil Bupati Tiwi-Dono bertambah. Kali ini, dukungan datang dari para politisi kampung. Mereka bersatu dan membuat...

    DPRD Apresiasi Serapan Anggaran APBD, Banjarnegara Masuk 10 Besar Tingkat Nasional

    BANJARNEGARA, Serayunews.com-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banjarnegara menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) APBD perubahan Kabupaten Banjarnegara Tahun Anggaran 2020. Persetujuan atas Raperda ini tercermin...

    Korsleting di Kandang Ayam, Ruko Terbakar

    Cilacap, Serayunews.com-Kebakaran terjadi di Dusun Petenangan Desa Bantarsari Kecamatan Bantarsari, Sabtu (19/9/2020) sekitar Pukul 13.30 WIB. Kebakaran diduga diakibatkan adanya korsleting di kandang ayam...