Ratusan Ekor Hewan Kurban Disebar di Purbalingga

Bupati Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) menyerahkan donasi hewan kurban dari Gerakan Teladan Berkurban Nasional kepada perwakilan warga, saat pencananangan gerakan tersebut di Desa Kedarpan, Kecamatan Kejobong, Purbalingga, Rabu (28/7).

Melalui Gerakan Teladan Berkurban Nasional

Purbalingga, serayunews.com – Kabupaten Purbalingga mendapatkan bantuan 146 kambing, 50 domba, dan 6 ekor sapi. Bantuan tersebut didapat juga berkat dipilihnya Purbalingga menjadi kabupaten Pencanangan Gerakan Teladan Berkurban Nasional. Gerakan ini merupakan wujud kepedulian ditengah pandemi Corona.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Purbalingga Mukodam mengatakan, Gerakan tersebut akan dicanangkan oleh Menteri Agama RI Jenderal (Purn) TNI Fachrul Razi dan Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) yang juga mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Kabupaten Purbalingga menjadi satu satunya kabupaten di Jateng yang dipilih untuk pencanangan.

“Pencanangan akan dilaksanakan serentak dari tiga tempat yaitu Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Timur dan Provinsi Sulawesi Selatan. Kabupaten Purbalingga patut berbangga karena menjadi satu-satunya kabupaten yang dipilih untuk kegiatan berskala nasional ini,” kata Mukodam, kemarin.

Menurut Mukodam, kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah yang dilaksanakan oleh Dewan Masjid Indonesia (DMI), PT. Bukalapak dan Bank Syariah Mandiri. Pencanangan dilaksanakan di Kandang Komununal, Desa Kedarpan, Kecamatan Kejobong, Purbalingga.

“Lokasi pencananganya di kandang kambing komunal Kelompok Tani Ngudi Dadi, Desa Kedarpan, Kecamatan Kejobong yang menjadi desa binaan BSM,” katanya.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi live video conference dengan Menteri Agama, mantan Wapres Jusuf Kalla selaku Ketua DMI, Gubernur Jawa Timur, Gubernur Sulawesi Selatan. Pada kesempatan itu Tiwi menyampaikan, selain ada desa binaan BSM, Kabupaten Purbalingga juga dipilih karena sudah melaksanakan kerjasama dengan Bukalapak melalui Tuka Tuku.

“Diharapkan juga menjadi pemantik semangat berkurban masyarakat Indonesia serta merupakan salah satu upaya menciptakan ketahanan pangan di saat pandemi,” kata Tiwi, usai video conference.

Tiwi menambahkan, melalui Gerakan Teladan Berkurban Nasional, Kabupaten Purbalingga menerima bantuan hewan kurban. Dengan perincian masing-masing  dari Rumah Yatim berupa 50 ekor kambing serta 6 ekor sapi.  Selain itu juga dari  Qurban Nusantara berupa 50 ekor domba, Dompet Dhuafa 66 ekor kambing dan Laznas BSM 30 ekor kambing.

“Bantuan hewan kurban tersebut akan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan,” jelasnya.

Sementara itu Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi melalui live video conference menyampaikan Hari Raya Idul Kurban merupakan salah satu refleksi ketakwaan umat Islam di Indonesia.  Selain itu juga mengoptimalkan sektor pertanian. “Kurban juga merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan tingkat konsumsi daging di masyarakat Indonesia yang masih rendah,” ungkapnya.

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla memberikan apresiasi terhadap Gerakan Teladan Berkurban Nasional. Di tengah pandemi pelaksanaan ibadah kurban harus memperhatikan higienisitas dan protokol kesehatan.

Manager Syariah Public Policy dan Government Relations, PT Bukalapak Jodi Salahudin Akbar hadir pada pencanangan tresebut. Dia menjelaskan, bahwa bukalapak bekerjasama dengan 9 Mitra yaitu Lazis Muhammadiyah, Lazis NU, Dompet Dhuafa, Qurban Nusantara, Rumah Yatim, BAZNAS, Rumah Zakat, PZU Persis, Prodombas PINBAS MUI mengkampanyekan gerakan berkurban secara online.

“Kami menyediakan fitur Buka Qurban yang mengajak masyarakat semuanya untuk tetap berkurban dalam rangka kampanye ketahanan pangan bagi para Mustahiq di tengah pandemi,” ujarnya.

Dia menambahkan, hal ini merupakan sinergi yang baik antara pemerintah, organisasi keagamaan, lembaga keuangan dan aplikasi online untuk tetap menjalankan ibadah Idul Qurban dengan baik ditengah pandemi Covid-19.

“Sebagai perusahaan teknologi berupaya memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk melaksanakan ibadah kurban dan memujudkan kepedulian sosial, terlebih saat pandemi seperti sekarang ini,” kata dia. (Amin)

Komentar