Lomba Burung pada Kontes dan Expo Ternak Cilacap 2019

Cilacap, Serayunews.com-Para peternak kambing terus mendapatkan perhatian dari Pemerintah Kabupaten Cilacap. Masyarakat juga diajak untuk melihat peluang investasi di bidang peternakan dalam ajang Kontes dan Expo Ternak “Bupati Cup” tahun 2019 di lapangan Krida Bangga Mbangun Desa Cilacap Selatan. Acara berlangsung selama 2 hari sejak Sabtu hingga Minggu (19/10). Selain para peternak kambing, sebanyak 1.327 pecinta burung ikut lomba burung berkicau Bupati Cilacap Cup dalam Kontes dan Expo Ternak Cilacap 2019 yang diselenggarakan Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap.


Kepala Dinas Peternakan Supriyanto mengatakan, selain sebagai ajang promosi peternakan, kegiatan ini juga memberikan apresiasi kepada para peternak pembibit yang berprestasi agar menghasilkan bibit ternak yang unggul dan produktif. Memotivasi peternak khususnya peternak kambing dan domba untuk memproduksi bibit yang berkualitas, menyediakan bibit pengganti bagi indukan yang sudah tidak produktif secara swadaya.

“Kegiatan ini dalam rangka memperingati bulan bhakti peternakan yang jatuh pada bulan September, namun untuk waktu pelaksanaanya memang baru digelar Oktober ini,” jelasnya.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mengatakan, Kabupaten Cilacap juga memiliki bibit-bibit ternak unggulan. Di wilayah Kecamatan Karangpucung dan sekitarnya terdapat sentra ternak kambing Jawa Randu. Selain itu mulai dikembangkan pula ternak Kambing jenis Sapera yaitu kambing hasil persilangan Saanen dan Peranakan Etawa. Menurutnya, potensi tersebut belum dikenal luas oleh masyarakat.

“Melalui kegiatan ini potensi tersebut dapat diperkenalkan dan dikembangkan, serta kita lestarikan agar tidak punah, atau agar tidak diklaim menjadi ikon dari daerah lain,” kata Bupati.

Dikatakannya, pengembangan ekonomi masyarakat melalui sektor peternakan, Pemkab Cilacap berharap BUMN, BUMD, perbankan dan perusahaan swasta dapat menyalurkan dana CSRnya antara lain melalui budidaya ternak yang dilaksanakan melalui kelompok tani ternak.

“Melalui kontes ternak ini diharapkan dapat memotivasi para peternak khususnya peternak kambing untuk beternak secara lebih profesional, menggunakan bibit-bibit unggul dan produktif sehingga akan didapat ternak yang berkualitas,” ujarnya.

Sementara itu, Lomba burung berkicau kali ini menandingkan berbagai burung kicauan yang terbagi kedalam 6 kelas. Diantaranya murai batu, cucak ijo, kacer, love bird, kenari, branjangan maupun burung pleci. Burung tledekan, trucukan, dan konin juga ikut dilombakan dalam Bupati Cup 2019. Untuk Kelas Bupati yang menandingkan burung murai batu berhasil mendapatkan 3 pemenang terbaik yakni Extreme milik Putra Sirip, Zeus milik Mr Kiki Ares, dan Phoenix milik Mr Banu LA. Mereka berhak mendapatkan thropy dan hadiah juga uang tunai.

Komentar