Ribuan Pohon Kelapa ditanam di Pantai Teluk Penyu

Seorang anggota Linmas bersemangat ikuti kegiatan penanaman pohon bersama Forkopimda Cilacap yang digelar di pantai Teluk Penyu, Jumat (24/1/2020). Foto : Tania Hamzah

Cilacap, Serayunews.com-Sekitar 2500 bibit pohon kelapa ditanam di Pantai Teluk Penyu Cilacap dekat pintu timur, Jumat (24/1). Penanaman pohon ini diinisiasi oleh Kodim 0703 Cilacap.


Kodim melibatkan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Cilacap bersama ribuan pelajar, masyarakat sekitar, Basarnas, lembaga swadaya masyarakat, organisasi masyarakat dan Polres Cilacap dalam penanaman dengan tema ‘Bersama Hijaukan Bumi Indoensia Untuk Generasi penerus’.

Komandan Kodim 0703 Cilacap Letkol Inf Wahyo Yuniartoto mengatakan penanaman sudah dilakukan secara berkala di sepanjang 70 km pantai Selatan, yang masih dalam wilayah Kodim 0703 Cilacap. Sedikitnya sudah ada 2.500 lebih pohon kelapa yang ditanam.

“Kita lakukan penanaman terus menerus, tidak hanya di Teluk Penyu, tetapi juga di pantai dinluar kota, di sini kemarin kita sudah tanam 500 dan kali ini tanam kembali 500 bibit pohon kelapa,” ujar Dandim.

Pohon kelapa ditanam, kata dia karena pohon inilah yang sangat cocok di pesisir pantai.

Selain itu, penanaman juga dilakukan untuk mengurangi risiko potensi bencana yang bisa terjadi di Cilacap, seperti abrasi, gelombang pasang, tsunami, dan juga pemanasan global.

“Penanaman ini sebagai edukasi bagi kita dan keteladanan bagi para pelajar agar gemar menanam, karena menanam pohon adalah investasi, disamping untuk mencegah adanya potensi ancaman bencana dan upaya meningkatkan keindahan alam, ” ujarnya.

Dandim berharap apa yang sudah ditanam, maka harus dipelihara. Sehingga dapat tumbuh dengan baik, dan memberikan manfaat kedepan kepada generasi selanjutnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cilacap Awaludin Muuri mengapresiasi gerakan yang dilakukan oleh Kodim 0703 Cilacap untuk menanam pohon di sepanjang pantai. Terutama mengajak masyarakat untuk ikut menghijaukan Bumi Cilacap.

“Bagaimana mengurangi pemanasan global, satu diantaranya dengan menghijaukan kembali bumi, dengan menanam pohon,” katanya.

Dia juga berharap agar seluruh masyarakat juga melaksanakan program dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dimana seumur hidup satu orang, menanam dan memelihara pohon sebanyak 25. Hal ini dilakukan agar Bumi kembali hijau. (ale)

Komentar