Salat Idul Adha jangan Terpusat Satu Titik

Purbalingga, serayunews.com – Pemkab Purbalingga mengizinkan masyarakat untuk melaksanakan salat idul adha. Namun, khusus untuk wilayah dengan status zona hijau. Selain itu, dalam satu wilayah pelaksanaanya tidak boleh terpusat pada satu tempat.

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi menyampaikan, hasil kesepakatan bersama antara forkompinda, dan organisasi keagamaan di Kabupaten Purbalingga disepakati tetap dilaksanakan. Tetapi bagi desa atau wilayah yang berstatus zona hijau.

“Nanti Dinas Kesehatan yang akan membagi informasi desa mana saja yang dinyatakan zona hijau,” kata Tiwi, kemarin.

Dia menjelaskan, meskipun daerah tersebut berstatus zona hijau, tetapi pembatasan jamaah juga harus diperhatikan. Oleh karena itu, tidak boleh terpusat pada satu titik.

“Jadi nanti boleh dilaksanakan di Masjid, lapangan yang penting tidak terpusat di satu tempat, ” kata dia.

Tiwi menambahkan, dalam pelaksanaannya, masyarakat juga harus tetap mematuhi protokol kesehatan. Panitia menyediakan tempat cuci tangan, handzenitizer, pakai masker, dan jaga jarak. Kemudian untuk jamaah yang sakit, anak kecil, maupun lansia dianjurkan melaksanakam salat Idul Adha di rumah.

“Jadi , dipastikan yang melaksanakan Salat jamaah yang benar-benar sehat dan tidak pulang dari luar kota,” ujarnya. (Amin)

Komentar