Sabtu, 17 April 2021

Sanggaluri Park Purbalingga Rugi Rp 350 Juta, Dua Pekan Lagi Bisa Kembali Beroperasi 

sangaluri park, objek wisata ssangaluri park, wisata purbalingga, serayunews, serayu news, berita terkini, berita hari ini
Sejumlah bangunan dan Fasilitas objek wisata Sangaluri Park rusak diterjang angin kencang

Sejumlah bangunan dan fasilitas di Objek Wisata (Obwis) Sangaluri Park, rusak akibat diterjang angin kencang. Namun demikian kondisi hewan-hewan yang ada dinyatakan aman. Akibat peristiwa tersebut manajemen mengalami kerugian sekitar Rp 350 juta.


Kutasari, serayunews.com

Plt Dirut PD Owabong Eko Susilo menyampaikan bahwa kerusakan sekitar 15 persen dari total bangunan. Kerusakan paling parah terdapat di bangunan untuk reptil. Selain itu ada gasebo yang rusak tertimpa pohon yang tumbang.

“Kerugian ditaksir mencapai Rp 350 juta,” kata Eko, Kamis (08/04/2021) pagi.

Meskipun kondisi paling parah pada gedung reptil, namun pihaknya memastikan kondisi hewan aman. Pengelola juga sudah mengevakuasi koleksi hewannya. Bahkan, dalam waktu dekat masih bisa dibuka untuk kunjungan.

“Jadi saya tegaskan, bahwa hewannya aman. Satwa tidak ada yang lepas, ada beberapa tepat bisa dikunjungi. Sudah dipindahkan, dan tetap bisa dikunjungi dan mementingkan aspek keamanan,” kata Eko.

Mengenai atap yang lepas, Eko menjelaskan bahwa kondisinya memang potensi untuk lepas. Hal itu dikarenakan kontruksi dan bahan yang digunakan.

“Itu kan rangkanya baja ringan, dan atapnya galvalum baja ringan dan galvalum, kena angin kenceng ya bisa banget lepas,” kata dia.

Dalam waktu dekat semua kerusakan akan diperbaiki. Sejak sehari paska musibah, para karyawan sudah kerja bakti membereskan. Sehingga, harapannya tidak sampai dua pekan objek wisata di bawah naungan Perusda Owabong ini  bisa dikunjungi.

“Dalam waktu dekat bisa diperbaiki, segera bisa untuk kunjungan,” ujarnya.

Kunjungan Bupati Syah Hayinging Pratiwi di Sangaluri Park

Sementara itu, dalam kunjungan meninjau Sanggaluri, Bupati Dyah Hayuning Pratiwi menyampaikan keprihatinannya. Disaat Pandemi yang menjadikan anjloknya pendapatan. Ditambah lagi musibah bencana angin ribut.

“Mudah-mudahan bisa segera beres, dan kembali beroperasi,” kata Tiwi.

Baca juga Diterjang Angin Ribut, Hari Ini Taman Sanggaluri Purbalingga Tutup Sementara

Editor :M Amron

Berita Terkait

- Advertisement -

Berita Terkini