Selasa, 9 Maret 2021

Setahun Pandemi! Tempat Hiburan di Cilacap Makin Lesu, Berapa Omzet Penurunannya?

Pandemi Covid-19 yang sudah berjalan hampir setahun, cukup berdampak terhadap jumlah pengunjung tempat hiburan. Hal ini cukup dikeluhkan para pengusaha hiburan karena omzetnya mengalami penurunan yang signifikan.


Cilacap , Serayunews.com

Ketua Asosiasi Pengusaha Hiburan Cilacap Indra Novianto mengatakan, semenjak adanya  pandemi Covid-19 tingkat kunjungan terus menurun, sehingga membuat target kunjungan tidak tercapai selama berbulan-bulan.

“Sangat terdampak tentunya, karena hampir setahun ya. Seluruh pengusaha hiburan menyatakan terdampak. Apalagi kemarin ada PPKM dan sebagainya,” jelasnya.

Indra sendiri memiliki tempat hiburan yang berada di pusat kota Cilacap. Saat ini kondisinya hanya ada satu sampai dua tamu saja yang datang. Kondisi tersebut dikarenakan jam operasionalnya sangat dibatasi.

“Karena hiburan ini kan malam, sedangkan sekarang malam tidak diperbolehkan buka. Kita diperbolehkan buka siang, kalau siang orang kan bekerja,” tuturnya.

Lebih lanjut Indra menjelaskan, untuk pelaku usaha dan hiburan yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Hiburan Cilacap yang jumlahnya mencapai 21 anggota, semuanya mengeluh terdampak dengan Covid-19 ini.

Ia menyebutkan, akibat pandemi yang sudah berjalan hampir setahun ini, omset menurun lebih dari 50 persen. Bahkan ada yang tutup selama satu bulan, lantaran tidak bisa menanggung biaya operasionalnya.

“Masing-masing punya trik dan upaya untuk mempertahankan usahanya, ada yang mempekerjakan karyawan bergantian sampai dengan menutup operasionalnya untuk beberapa waktu,” jelasnya.

Sementara itu, terkait program vaksin yang akan dilaksanakan di Kabupaten Cilacap, diyakini akan mempu memperbaiki kondisi perekonomian secara menyeluruh, termasuk tempat hiburan. Ia pun berharap, masyarakat dapat mengikuti program vaksin, sehingga penyebaran Covid-19 dapat diantisipasi dengan lebih maksimal.

“Dengan adanya program vaksin, harapannya kondisinya akan membaik, termasuk usaha hiburan. Kasus Covid-19 menurun dan tempat hiburan bisa berjalan normal kembali,” katanya.

Editor :Redaksi

Berita Terkait

Berita Terkini

- Advertisement -