Teluk Penyu Dibuka, Terapkan Protokol Kesehatan

Cilacap, Serayunews.com-Tempat wisata Pantai Teluk Penyu sudah mulai dibuka sejak Minggu (31/5/2020). Ratusan warga pun sudah memenuhi pantai yang menjadi icon Kota Cilacap ini.

Dengan dibukanya tempat wisata menjadi angin segar bagi masyarakat yang sudah tiga bulan ini tidak bisa berwisata, akibat adanya pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah sudah bisa dibuka, jadi bisa refreshing di pantai, bosan di rumah terus,” kata Fatma, warga Mertasinga.

Meskipun demikian, dia mengatakan jika sebelum masuk ke Teluk Penyu juga ada pengecekan suhu tubuh oleh petugas. Selain itu juga harus menggunakan masker.

Pantai Teluk Penyu sudah ditutup sejak pemerintah membuat kebijakan menutup tempat wisata sebagai upaya mencegah penularan virus corona. Pasalnya tempat wisata sangat rawan dijadikan tempat kumpul-kumpul.

Namun, baru seminggu sebelum Ramadan, hanya satu pintu masuk yang diberlakukan di Pantai Teluk Penyu, serta dijaga oleh petugas. Hanya warga sekitar, nelayan serta karyawan Pertamina di areal 70 yang diperbolehkan masuk.

Dengan mulai dibuka kembali Pantai Teluk Penyu, membuat para pelaku usaha, karyawan wisata, tukang parkir, pedagang asongan dan andongan perahu secara bersama-sama melakukan kerjabakti bersih-bersih pantai. Pasalnya sejak ditutup, tidak ada aktivitas para pedagang maupun nelayan yang membersihkan pantai, terutama di sekitar depan Benteng Pendem.

Perwakilan Primkop Kartika 04 Kodim 0703/Cilacap Sertu Suharno mengatakan, kegiatan karya bakti ini dilakukan menindaklanjuti perintah lisan Komandan Kodim 0703/Cilacap terkait dengan kebersihan pantai Teluk Penyu yang dibuka kembali untuk wisata.

Meskipun dibuka kembali, akan tetapi yang sangat diperhatikan, bahwa seluruh komponen di wisata Pantai Teluk Penyu harus melaksanakan protokol kesehatan Covid-19. Mulai dari pengecekan suhu tubuh pengunjung, penggunaan masker semua pengunjung, warung-warung melengkapi dengan tempat cuci tangan.

“Tentu suasananya akan berbeda. Masyarakat harus selalu memakai masker, tempat atau warung dilengkapi sarana cuci tangan dan para pengunjungnya kita himbau jaga jarak baik saat makan maupun saat menikmati keindahan tempat wisata. Walaupun berat diawalnya namun saya yakin, semua anjuran pemerintah ini akan menjadi kebutuhan bagi setiap individu masyarakat,” katanya.

Kodim 0703 Cilacap pun sudah melakukan sosialisasi kepada para pelaku usaha, karyawan wisata, tukang parkir, pedagang asongan dan andongan perahu, agar mereka semua melaksanakan protokol kesehatan. Nantinya, aparat TNI Kodim 0703/Cilacap juga akan memantau langsung di lapangan agar pelaksanaan tatanan kehidupan normal baru bisa berjalan baik. Serta bisa kembali meningkatkan ekonomi masyarakat.

Tidak hanya wisata Pantai Teluk Penyu yang sudah dibuka, pantai lainnya yang dikelola oleh Kodim 0703 Cilacap juga mulai dibuka, seperti diantaranya Pantai Widarapayung.

Komentar