Tiga Pekerja Jadi Korban Ledakan di Pabrik Krupuk Binangun

520

 

Luluh lantak. Pabrik pengolahan krupuk di Desa Kemojng Kecamatan Bianangun hancur akibat tungku meledak.

CILACAP,SERAYUNEWS.COM – Warga di Desa Kemojing Kecamatan Binangun, Selasa (1/5/2018) sore dikagetkan dengan suara ledakan. Kerasnya suara ledakan itu bahkan terdengar hingga radius tiga kilometer. Beberapa warga kemudian berhamburan keluar rumah mendekat menuju sumber suara.

Ledakan itu berasal dari sebuah rumah yang dijadikan pabrik pembuatan krupuk di RT 01 RW 01 Desa Kemojing Kecamatan Binangun. Pabrik milik Nasirin itu hancur, atap bangunan berserakan sementara dinding penggilingan padi yang bersebelahan dengan pabrik itu juga mengalami kerusakan. Sementara, tiga pekerja mengalami luka yang cukup parah.

Kapolsek Binangun AKP Ponijan menjelaskan, beberapa saat setelah kejadian, anggota dari Mapolsek Binangun mendatangi lokasi. Akibat kejadian itu, tiga pekerja menjadi korban. Mereka mengalami luka bakar akibat semburan uap panas yang berasal dari tungku dan serpihan ledakan.

Korban yang mengalami luka berat diantaranya, Tofik (18) warga Desa Danasri Kecamatan Nusawungu menderita luka berat dahi sobek dan tangan lecet-lecet, Fani (18) warga RT 02 RW 01 Desa Karang Nangka Kecamatan Binangun menderita sejumlah luka sekujur tubuh dan patah kaki kanan, kemudian Joko (18) Desa Banjareja Kecamatan Nusawungu menderita luka berat terkena serpihan bangunan.

“Semua korban langsung dibawa ke RS Siaga Medika Banyumas,” jelasnya.

Tembok penggilingan padi yang berada di sebelah pabrik pengolahan krupuk berlubang dan rusak akibat ledakan tungku.

Lebih lanjut dijelaskan, dari hasil olah TKP sementara dan pemeriksaan para saksi kejadian itu bermula ketika sejumlah pekerja melaksanakan aktifitas penguapan tungku untuk memasak krupuk sekitar pukul 15.00 WIB.

Hampir dua jam berselang, pada pukul 16.40 WIB, salah satu pekerja yang memasak krupuk, melihat tungku uap melebihi batas. Sehingga, penutup tungu tidak bisa menahan tekanan uap yang berlebihan. Akibatnya, tungku meledak dan terlempar. Seketika itu, banggunan hancur serta mengakibatkan pekerja yang di sekitarnya terkena ledakan tersebut.

“Anggota dari Mapolsek Binangun langsung melakukan olah TKP dan memeriksa para saksi beberapa saat setelah kejadian. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu,” ungkapnya.

Komentar