Selasa, 9 Maret 2021

Tingkatkan Siaga Bencana, TNI Polri Banjarnegara Gelar Latihan Kesiapsiagaan di Sungai Serayu

Prajurit TNI dan Polres Banjarnegara menggelar latihan bersama penanganan bencana banjir di ungai Serayu The Pikas Resort Banjarnegara, Sabtu (20/2/2021).

Bencana banjir banyak terjadi di sejumlah wilayah, sebagai upaya kesiap siagaan dan membantu sesama, prajurit TNI dan Polres Banjarnegara menggelar latihan bersama penanganan bencana banjir. Kegiatan tersebut dilakukan di Sungai Serayu The Pikas Resort Banjarnegara, Sabtu (20/2/2021).


Banjarnegara, Serayunews.com

Jajaran Sat Sabhara Polres Banjarnegara bersama dengan prajurit TNI Kodim 0704 Banjarnegara menggelar latihan penanganan bencana banjir bandang di Banjarnegara. Pelatihan ini dilakukan bersama dengan tim SAR dari The Pikas Adventure Banjarnegara.

Kapolres Banjarnegara AKBP AKBP Fahmi Arifianto melalui Kasat Sabhara AKP Agustinus Krisdwiantoro mengatakan, latihan gabungan bersama TNI ini sebagai bentuk kesiapan dan antisipasi bencana banjir di Banjarnegara, sehingga nantinya jika terjadi bencana banjir di Banjarnegara, TNI maupun Polri serta stakeholder yang ada bersama-sama seirama dalam menangani bencana banjir.

Dalam latihan ini, peserta juga didampingi oleh resque dari The Pikas sebagai pemandu lapangan, pelatihan ini menerapkan skenario yang telah disesuaikan kepada kondisi sebenarnya. Terutama, saat terjadi banjir terjadi di wilayah Banjarnegara.

“Latihan ini tidak lepas dari adanya bencana banjir di sejumlah wilayah, khususnya jawa tengah, sehingga sebagai prajurit TNI dan Polri, kita harus siap untuk bersama menangani dan membantu masyarakat saat terjadi bencana,” katanya.

Menurutnya, dalam pelaksanaan pelatihan ini, selain melibatkan TNI Polri juga melibatkan tim resque dari operator arung jeram yang ada di Banjarnegara. Hal ini dilakukan karena para rescue ini memiliki kapasitas dan kemampuan yang memadai dalam penanganan bencana khususnya banjir.

Baca Juga : Banjarnegara Berhasil Keluar dari Tiga Besar Daerah Termiskin di Jateng, Ini Resepnya

Baca Juga : Jasad Bocah Asal Susukan Banjarnegara Ditemukan di Pantai Jetis Nusawungu Setelah Hampir 3 Jam Dicari Tim SAR

Melalui latihan ini, dia juga berharap sistem komando penanganan darurat bencana dapat berjalan dengan baik, tidak hanya itu pasukan yang terlatih nantinya juga siap untuk mendapatkan tugas kemanusiaan jika dibutuhkan masyarakat.

“Dalam latihan ini, kita asumsikan ada masyarakat yang terjebak banjir, dan tim melakukan evakuasi, tidak hanya itu dalam latihan ini juga ada simulasi evakuasi korban banjir yang menggenangi satu wilayah, sehingga tim melakukan evakuasi warga yang menjadi korban banjir,” katanya.

Editor :Redaksi

Berita Terkait

Berita Terkini

- Advertisement -