TMMD Bangun Akses Jalan, Permudah Roda Perekonomian dan Pertanian


Cilacap, Serayunews.com-Percepatan pembangunan desa melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Senkuyung Tahap II tahun 2020, di Desa Karanggedang Kecamatan Sidareja mulai dilaksanakan. Dalam pelaksanaannya akan membuka akses jalan perekonomian warga agar semakin berkembang.

Ada beberapa kegiatan fisik yang dilaksanakan pada TMMD yang dimulai pada Selasa (30/6/2020), diantaranya membangun jalan makadam sepanjang 600 meter x 3 meter sebagai penunjang kegiatan perekonomian, pembangunan infrastruktur untuk meningkatkan sektor pertanian, seperti pembangunan satu unit jembatan, pembangunan talud sepanjang 184 meter dan 42 meter.

“Sarana infrastruktur di desa target TMMD harus diperbaiki, karena masyarakat membutuhkan akses untuk geliat ekonomi, untuk mendistribusikan hasil bumi, karena masyarakat sebelumnya harus menempuh sekitar 5 km, adanya pembangunan ini akan ditempuh hanya 1 km, ini akan mempermudah akses perekonomian,” ujar Komandan Satgas TMMD sekaligus Komandan Kodim 0703 Cilacap Letkol Inf Wahyo Yunartoto.

Kegiatan fisik lainnya yang dilaksanakan yakni, pembangunan MCK sebanyak 3 unit, dan pemugaran rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak 29 unit. Pemugaran RLTH ini berasal dari anggaran APBD Provinsi Jawa Tengah dan APBD Cilacap, serta ada tambahan sebanyak 5 unit dari Baznas Cilacap.

“Masyarakat di Cilacap masih banyak yang rumahnya tidak layak, seperti lantainya belum diperkeras, menggunakan anyaman bamboo, nanti kita perbaiki menggunakan tembok permanen,” katanya.

Selain kegiatan fisik, juga bakal ada kegiatan non fisik yang dilaksanakan, mulai dari penyuluhan bahaya narkoba, pembuatan akta lahir, pembuatan SIM, dan penyuluhan tentang KB.

Dandim mengatakan, setiap hari mengerahkan sekitar 1 unit Satuan setingkat pleton (SST) atau sekitar 30 prajurit, yang akan bergotongroyong bersama masyarakat, melaksanakan TMMD.

Dimulainya TMMD Sengkuyung II secara resmi, ditandai dengan penyerahan Berita Acara program TMMD dari Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji kepada Dansatgas TMMD, Letkol Infanteri Wahyo Yuniartoto, di ruang Gadri Pendapa Wijayakusuma, Selasa.

Dalam kegiatan tersebut juga sekaligus penyerahan bantuan pelaksanaan pembangunan kepada Kepala Desa Karanggedang Kecamatan Sidareja Saryo.
Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menyampaikan jika TMMD merupakan upaya untuk merawat, menjaga dan melestarikan kebersamaan serta kegotongroyongan dalam mengatasi persoalan yang ada di masyarakat. Serta sinergi antar lintas sektoral untuk membangun Cilacap.

“Gotong royong kebersamaan ini sebenarnya ada di TMMD, mari kita pelihara agar patok-patok budaya gotong royong ini hilang. Mari bersinergi membangun Cilacap, karena Cilacap tidak bisa hanya dibangun oleh Pemkab saja, tetapi harus ada sinergi bersama,” katanya.

Dalam pelaksanaannya, Bupati juga menghimbau agar tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Agar tidak ada lagi penambahan pasien terkonfirmasi covid di Cilacap.

Komentar