Sabtu, 17 April 2021

Urus Perceraian Cukup Dari Rumah, Begini Caranya 

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Tengah Alwi Mallo saat Melaunching Sikompac di Pengadilan Agama Cilacap

Pengadilan Agama Cilacap melaunching aplikasi Sikompac yakni Sitem Informasi dan Komputerisasi Pengadilan Agama Cilacap. Aplikasi ini dirancang sebagai inovasi untuk mempermudah pelayanan perkara seperti perceraian yang bisa diakses hingga daerah pelosok Cilacap melalui HP.


Cilacap, serayunews.com 

Ketua Pengadilan Agama Cilacap Saefuddin Turmudzy mengatakan, aplikasi tersebut bermanfaat untuk masyarakat yang mencari keadilan. Dimana melalui aplikasi ini masyarakat dapat mendaftarkan perkara dari rumah tanpa harus datang ke kantor Pengadilan Agama khususnya di Cilacap.

“Selain mendaftarkan perkara, aplikasi ini juga bisa memantau berapa besaran biayanya, kapan sidangnya, kapan perkara putus, setelah selesai kapan produk akhir dari Pengadilan Agama Cilacap baik itu akta cerai, atau putusan bisa diambil,” kata Saefuddin usai launching aplikasi di ruang sidang utama Pengadilan Agama Cilacap, Kamis (08/04).

Dalam acara launching aplikasi tersebut, Pengadilan Agama Cilacap juga melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Kantor Pos untuk pengiriman hasil putusan perkaranya.

“Kita bekerjasama dengan Kantor Pos agar bisa mengirim ke alamat masing-masing tanpa harus datang ke Pengadilan Agama, sehingga bisa memangkas biaya, waktu dan menghindari kerumunan, serta untuk mencegah penyebaran Covid-19,” katanya.

Penandatanganan MOU Pengadilan Agama Cilacap dan Pos Indononesia

Ditambahkan Saefuddin, inovasi ini untuk memberikan kemudahan, sehingga masyarakat semakin mudah mendapatkan pelayanan, murah, cepat, tidak berbelit, serta mudah dijangkau oleh masyarakat dimanapun berada. Karena melalui aplikasi ini tidak hanya di wilayah kota saja,  tetapi juga bisa diakses hingga pelosok desa.

Berdasarkan data Pengadilan Agama Cilacap, pada tahun 2020 ada sebanyak 7.436 perkara didominasi perkara perceraian. Sedangkan tahun 2021 sudah ada 2.076 perkara.

“Dari 7.436 campur ada perkara perceraian, waris, harta bersama, dispensasi kawin dan sebagainya,” ujarnya.

Aplikasi Sikompac Pengadilan Agama Cilacap bisa didownload melalui handphone android atau smartfone. Aplikasi ini dilauncing oleh Kepala Pengadilan Tinggi Agama Jawa Tengah Alwi Mallo, dihadiri sejumlah tamu undangan dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Editor :M Amron

Berita Terkait

- Advertisement -

Berita Terkini