Minggu, 28 Februari 2021

Vaksin Dikirim Februari, Dinkes  Cilacap Siapkan Tempat Penyimpanan Berkapasitas 15.000 Dosis

Jelang vaksinasi, Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap telah menyiapkan tempat penyimpanan vaksin berkapasitas 15.000 dosis. Selain tempat, Dinkes juga menyiapkan skenario pendistribusian.


Cilacap, Serayunews.com

Kepala Dinas Kesehatan Pramesti Griana Dewi Mengatakan, setelah vaksin tiba di Cilacap, nantinya sebelum disistribusikan ke tempat vaksinasi, akan disimpan terlebih dahulu di Dinas Kesehatan. Adapun tempat penyimpanan vaksin di Dinas Kesehatan mampu menyimpan 15.000 dosis vaksin.

“Persiapan sudah semua, penyimpanan ada, dan kapasitas penyimpanan sedang dikembangkan, akan ada tambahan referigertor,” ujar Pramesti.

Sedangkan terkait waktu pengiriman vaksin ke  Cilacap, sesuai jadwal akan dilakukan pada bulan februari.

“Di Jateng baru tiga kabupaten/kota, Kabupaten Semarang, Kota Semarang, Kota Surakarta, yang lain ikut termin ke dua yaitu Bulan Februari, belum ada kepastian tanggalnya jadi kita tunggu saja” ujarnya.

Menurutnya vaksin yang akan datang tahap pertama di Cilacap berjumlah 1.700 dosis vaksin, dengan proiritas tenaga kesehatan.

“Tahap pertama untuk nakes ditambah mungkin bupati atau Forkopimda dan tokoh masyarakat yang di vaksin pertama di Cilacap” tuturnya

Juru bicara Satgas Covid 19 Cilacap M Wijaya menyebutkan, adapun kebutuhan vaksin di Cilacap mencapai 1.145.309 dosis vaksin yang akan di berikan secara bertahap. Mulai dari tenaga kesehatan, pegawai pelayanan publik hingga masyarkat rentan.

Di Kabupaten Cilacap, prioritas pertama kepada 5.033 tenaga kesehatan,  sedangkan prioritas kedua adalah kelompok pelayanan publik. Yakni para pegawai dan staf yang berinteraksi dengan banyak orang, yang jumlahnya mencapai 42.106 ribu orang.

Selanjutnya prioritas pemberian vaksin adalah masyarakat rentan berdasarkan risiko paparannya, sekitar 598.668 orang. Masyarakat umum 282.664 orang, dan masyarakat rentan lainnya 216.838 orang.(Ulul)

Berita Terkait

Berita Terkini

- Advertisement -