Wakili Jateng Pada PON Papua 2020, Banyumas Kirim Dua Atlet Panjat Tebing

para atlet panjat tebing asal Kabupaten Banyumas yang akan mewakili Provinsi Jawa Tengah berlaga di PON Papua 2020.

Purwokerto, Serayunews.com- Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Banyumas berhasil mengirimkan dua atlet panjat tebing wanitanya untuk mewakili Jawa Tengah dalam perlombaan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua.

Dua atlet tersebut yakni Gracia Evania Laviola dan Devi Rahmayati. Mereka merupakan putri asli Kabupaten Banyumas yang berhasil lolos dalam seleksi pra PON untuk mewakili Provinsi Jawa Tengah.

Menurut keterangan Pelati FPTI Kabupaten Banyumas, Ari Purnomo kedua meski tinggal hitungan bulan lagi, kedua altet ini sudah 70 persen siap mengikuti pertandingan PON. “Secara fisik 70 persen mereka sudah siap untuk mengikuti pertandingan nanti. Berbagai macam latihan sudah dilakukan,” kata dia kepada Serayunews.com, Jumat (24/1).

Ari menambahkan, peningkatan secara fisik tersebut terutapa pelatihan pada nomor-nomor yang diunggulkan seperti tetap sasaran, waktu, speed atau kecepatan hingga stamina para atlet.

Meski secara fisik mereka sudah siap, menurut Ari hal tersebut belumlah cukup. Karena ada hal yang paling penting dalam kesiapan para atlet tersebut yakni dari segi psikologinya.

“Dalam sebuah pertandingan psikologi dan mental itu sangat penting, pelatihan secara fisik saja tidak cukup. Mereka itu nantinya harus menghadapi berbagai atlet dari daerah lain yang sudah berlatih selama empat tahun untuk mengikuti perlombaan itu. Menjadi juara bukan hanya fisik yang mateng perlu juga mental sebagai juara,” kata dia.(san)

Komentar