More

    Warga PPP Membelot dari Oji-Jeni

    Tak kurang dari 100 warga PPP yang mengatasnamakan Relawan Ka’bah mendeklarasikan mendukung Paslon Bupati dan Wakil Bupati Tiwi-Dono, di sebuah rumah makan di Purbalingga, Jumat (21/08/2020).

     

    Bentuk Relawan Ka’bah Dukung Tiwi

    Purbalingga, serayunews.com – Disaat Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan wakil bupati, Muhamad Sulhan Fauzi – Zaini Makarim (Oji-Jeni), secara masif melakukan konsolidasi dengan partai lain. Pukulan justru dari internal partai yang mengusung, yakni para pengurus dan kader PPP. Setidaknya ada 16 dari 18 PAC membelot. Kelompok yang mengatasnamakan Relawan Ka’bah ini menyatakan sikap mendukung Paslon Tiwi-Dono.

    Kordinator Relawan Ka’bah Mohammah Syafi’i Abror, menyampaikan relawan Ka’bah adalah masyarakat Purbalingga yang masih berafiliasi ke Tiwi, untuk melanjutkan memimpin Purbalingga. Kebanyakan ini memang warga PPP, yang kebanyakan pengurus partai. Hanya saja saat ini sedang masa cuti.

    “Kebayakan ketua PAC, tapi setelah cuti, lepas baju pengurus PAC, karena mereka ingin mengaspirasikan hati nuraninya. Dari 18 kecamatan, ada 16 yang hadir. Dua yang tidak hadir, Kecamatan Rembang dan Karangjambu,” kata Mohammah Syafi’i Abror, kepada wartawan, saat acara deklarasi relawan Ka’bah, Jumat (21/08/2020).

    Terkait rekomendasi PPP yang turun ke Oji-Jeni, lanjut dia, rekomendasi merupakan hak partai, jadi tetep dihormati. Hanya saja, untuk hati nurani tak bisa dipungkiri. Sejumlah orang yang satu frekuensi mendukung petahana Tiwi, membentuk satu kelompok.

    “Rekomendasi kita hormati, itu hak partai. Tapi kami secara pribadi mempunyai pemikiran dan pilihan sendiri. Jadi kita kumpul dalam relawan Ka’bah. Dan perlu diketahui relawan Ka’bah ini bukan lambang satu organisasi tapi lambang umat Islam bersatu. Mereka masih pengurus PAC, tapi cuti. Ada ketua sekretaris dan bendahara datang kesini. Ini pengurus dan kader,” kata dia.

    Menurut Mohammah Syafi’i, alasan memilih Tiwi, karena selama memimpin Purbalingga, Tiwi baik. Termasuk hubungan pemerintah dengan PPP juga demikian. Jika pun adanya kekeliruan atau kesalahan, itu dinilai lumprah.

    “Ada istilah, daripada ngugal lebih baik nambal. Karena manusia kan ngga ada yang sempurna, dengan dipilihnya Bu tiwi harapannya nanti lebih baik lagi. Kalau saya pribadi, pak Jeni ya baik, dan dia kader PPP. Tapi kami lebih cenderung ke Bu Tiwi,” ujarnya.

    Dikonfirmasi terpisah, ketua DPC PPP Purbalingga Nurul Hidayah, menyatakan tidak ada dendam terkait hal tersebut. Dia juga tidak serta menyalahkan orang-orang dalam kelompok Relawan Ka’bah. Karena menurutnya, gambar Ka’bah itu berbeda dengan yang menjadi logo partai.

    “Kita tidak bisa serta merta menyalahkan. Karena lambang kabahnya berbeda. Kecuali membawa logo DPC, PPP. Meskipun yang saya dengar, katanya yang datang banyak dari pengurus,” kata Nurul.

    Dia menjelaskan, terkait pernyataan sikap sejumlah PAC yang menolak rekomendasi kepada Oji-Jeni. Secara anggaran dasar anggaran rumah tangga diatur, untuk memutuskan sebuah sikap partai harus diawali dengan rapat pimpinan (Rapim). Rapincab dihadiri oleh DPW, sebelum rapim sudah muskercab, kemudian dari tiga nama, yakni Gus Ingam, Gus Imron, dan Zeni.

    “Saat itu kita belum menentukan sikap apapun. Tetapi, diterbitkan rekom pengajuan setelah rapim, kalau ngga salah tanggal 10. Seluruh PAC hadir, 18 DPC ketua dan sekretaris hadir. Didalam rapim itu kita berikan keleluasaan, mereka boleh menyampaikan pendapatnya. Ngga ada satu PAC yang menolak. Lalu saya tutup dan bacakan berita acara. Kalau yang tanda tangan, itu berati bukan dari DPC. Kenapa tidak pada saat rapim,” kata dia.

    Mengenai sejumlah pengurus dan kader yang membelot, lanjut Nurul, nantinya jelas ada sanksi. Baik saksi, lisan, tertulis, sampai tindakan lain secara keorganisasian.

    “Pasti ada, pertama sanksi secara lisan, ketika tegurar diabaikan, secara tertulis. Sekarang tahapnya lesan,” ujarnya.

    Dia juga menegaskan, bahwa dari para pengurus yang tergabung dalam Relawan Ka’bah, tidak ada yang mengajukan cuti.

    “Apa ada aturan yang membolehkan, enak temen jadi pengurus partai, gara-gara pilkada gue cuti deh, ntar pilkada selesai gue masuk lagi. Sanksi organisasi pasti ada. Pertama secara lisan kita klarifikasi, kedua tertulis, ketiga secara organisasi,” kata Nurul. (Amin)

    Berita Terkait

    HUT Ke 75 PMI, Ratusan Warga Donor Darah Untuk Kemanusiaan

    BANJARNEGARA, Serayunews.com-Memeringati hari PMI ke 75, ratusan warga mengikuti kegiatan donor darah yang dilaksanakan di sekretariat PMI Cabang Banjarnegara. Kegiatan tersebut digelar sebagai wujud...

    Saling Mendukung Usaha Sesama Alumni, Ganesa Gelar Pelatihan Usaha 

      Purbalingga, Serayunews.com-Tidak sedikit alumnus SMA N 1 Purbalingga yang menekuni usaha mikro, kecil, menengah (UMKM). Namun, banyak juga yang belum menerapkan manajemen usaha yang...

    Wajib Terapkan Protokol Kesehatan,  Pasangan Calon Bupati  Boleh Kampanye Terbuka

    Purbalingga, Serayunews.com - Tahapan kampanye Pilkada Kabupaten Purbalingga akan dilaksanakan pada 26 September sampai 5 Desember mendatang. Para pasangan calon pun tetap diperbolehkan menggelar...

    Uang Retribusi Sampah dan BBM Senilai Ratusan Juta Diduga Dikorupsi, 30 Orang Dari DLH Diperiksa Kejaksaan

    Purbalingga, serayunews.com - Uang retribusi sampah dari masyarakat diduga dikorupsi oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Purbalingga. Tak hanya itu, anggaran dana BBM operasional...

    Berita Terkini

    HUT Ke 75 PMI, Ratusan Warga Donor Darah Untuk Kemanusiaan

    BANJARNEGARA, Serayunews.com-Memeringati hari PMI ke 75, ratusan warga mengikuti kegiatan donor darah yang dilaksanakan di sekretariat PMI Cabang Banjarnegara. Kegiatan tersebut digelar sebagai wujud...

    Barisan Politisi Kampung Targetkan Raup Suara 80 Persen Untuk Pasangan Tiwi-Dono

    Purbalingga, Serayunews.com - Dukungan kepada pasangan bakal calon Bupati-Wakil Bupati Tiwi-Dono bertambah. Kali ini, dukungan datang dari para politisi kampung. Mereka bersatu dan membuat...

    DPRD Apresiasi Serapan Anggaran APBD, Banjarnegara Masuk 10 Besar Tingkat Nasional

    BANJARNEGARA, Serayunews.com-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banjarnegara menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) APBD perubahan Kabupaten Banjarnegara Tahun Anggaran 2020. Persetujuan atas Raperda ini tercermin...

    Korsleting di Kandang Ayam, Ruko Terbakar

    Cilacap, Serayunews.com-Kebakaran terjadi di Dusun Petenangan Desa Bantarsari Kecamatan Bantarsari, Sabtu (19/9/2020) sekitar Pukul 13.30 WIB. Kebakaran diduga diakibatkan adanya korsleting di kandang ayam...