Selasa, 9 Maret 2021

Wartawan Purbalingga Masuk Prioritas Vaksinasi Tahap Kedua

Pemkab Purbalingga mulai memberlakukan vaksinasi tahap kedua, Selasa (23/02/2021). Pada tahap kedua ini, sasarannya adalah pelayan publik termasuk wartawan. Kebutuhan vaksin di tahap kedua sekitar 64 dosis. Dalam pelaksanaanya akan dilakukan secara bertahap, karena keterbatasan vaksinnya.


Purbalingga, Serayunews.com

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purbalingga, drg Hanung Wikantono mengatakan, sasaran vaksinasi Covid-19 tahap II mulai dari anggota DPRD, pejabat publik, TNI/Polri, pedagang pasar, ASN, serta wartawan.

“Wartawan memang sebelumnya sudah dimasukkan ke daftar vaksinasi tahap kedua, bersama dengan pelayan publik,” kata Hanung.

Dijelaskan, bahwa kebutuhan untuk vaksinasi tahap kedua, sekitar 32.000 orang. Artinya, Purbalingga membutuhkan 64 dosis. Namun, saat ini baru menerima kiriman 1000 paket.

“Jumlahnya hanya 1.000 paket vaksin multi dosis. Vaksin tersebut, hanya bisa digunakan untuk 8 ribu dosis penyuntikan vaksin. Dengan amsumsi satu botol atau paket vaksin, hanya bisa digunakan untuk 8 kali penyuntikan,” jelasnya.

Baca Juga : Siap-siap Pedagang Pasar di Banyumas untuk Disuntik, Vaksin Covid-19 Sudah Datang

Baca Juga : Daftar Pelayan Publik di Cilacap yang Akan Divaksin Tahap II pada Termin Pertama, Cek Siapa Saja?

Rencananya vaksinasi tahap II dosis pertama akan selesai pada tanggal 28 Februari 2021. Namun, karena jumlah vaksin yang terbatas, diprediksi akan lebih lama lagi. Sebab vaksinasi akan dilakukan secara bergelombang.

“Vaksinasi untuk gelombang selanjutnya akan dilakukan menunggu kedatangan tambahan alokasi vaksin,” kata Hanung.

Vaksinasi tahap pertama gelombang pertama ini, hanya ada 4 ribu penerima vaksin yang bisa mendapatkan suntikan vaksin.

“Sebab, satu orang nantinya menerima dua dosis atau suntikan vaksin. Yakni, dengan jarak penyuntikan dosis pertama dan kedua selama 14 hari,” kata dia.

Editor :Redaksi

Berita Terkait

Berita Terkini

- Advertisement -