Sabtu, 2 Juli 2022

Berpura pura Cari Tokek, Sindikat Pencuri Ini Beraksi di 30 Tempat

Polres Cilacap Tangkap Sindikat Pencuri
Ratusan Bungkus Rokok dan berbagai barang bukti diamankan dari sindikat pencurian toko. Foto : Adi Kurniawan, Serayunews.com

CILACAP,SERAYUNEWS.COM-Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Cilacap meringkus sindikat pencurian toko yang sudah beraksi di 30 Tempat Kejadian Perkara (TKP). Dalam melakukan aksinya, para pelaku berpura pura mencari tokek di sekitar toko yang menjadi sasaran. Saat kondisi di sekitar toko sepi, para pelaku beraksi mulai beraksi. Mereka memanjat dinding, membongkar atap toko kemudian menjebol plafon. Setelah berhasil masuk, para pelaku menggasak barang dagangan yang ada di dalam toko.

Baca juga  Pemkab Cilacap Kembali Fasilitasi UMKM Mendaftar HAKI

Kapolres Cilacap AKBP Yudho Hermanto Sik menjelaskan, para pelaku yang ditangkap diantaranya, Daryoto warga RT 02 RW 04 Dusun Sawangan Desa Samudra Kulon Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas dan Darwin (56) warga RT 01 RW 10 Desa Darmakradenan Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Pelaku ditangkap pada Sabtu, 4 Februari 2017 sesaat setelah melakukan pencurian dengan pemberatan di sebuah toko di Jalan Raya Karangkandri Kecamatan Kesugihan.

“Kedua tersangka merupakan spesialis pencurian di toko kelontong, bengkel suku cadang, toko matrial, toko bangunan maupun gudang cengkeh,” jelasnya, Senin (6/2/2017).

Baca juga  Polisi Bekuk Begal yang Sering Beraksi di Purwokerto, Begini Modusnya

Dari tangan pelaku, polisi mengamankan ratusan bungkus rokok berbaagai merek. Barang bukti yang lain diantaranya,lembar mata uang kamboja pecahan 100 Riel, 60 lembar mata uang korea utara pecahan 5000 Won, uang sebesar Rp 200.000. Satu unit sepeda motor Honda Supravit yang digunakan para pelaku.

“Hasil kejahatannya bernilai jutaan rupiah dalam satu malam. Pelaku menjual rokok ke wilayah Kecamatan Majenang dengan harga dibawah pasaran,” ungkapnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 363 KUPH tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara.(adi)

Baca Juga :

Ini Cara Pencuri Membobol Toko Kelontong

Berita Terkait

Berita Terkini