Minggu, 5 Februari 2023

Bhakti Masyarakat di Mandiraja, Pengobatan PMI Diserbu Warga

Relawan PMI Banjarnegara bersama dengan Puskesmas Mandiraja 2 dan komunitas trail saat melakukan pelayanan pengobatan gratis pada warga di Desa Kaliwungu Kecamatan Mandiraja, Selasa (24/1/2023). (Dok PMI Banjarnegara)

Sebagai bagian dari bentuk pengabdian terhadap masyarakat, PMI Banjarnegara bersama dengan Puskesmas 2 Mandiraja melakukan bhakti sosial dengan pengobatan gratis di Desa Kaliwungi, Kecamatan Mandiarja, Selasa (24/1/2023).


Banjarnegara, serayunews.com

Pengobatan tersebut dilakukan bersama dengan komunitas motor trail yang ada di wilayah tersebut. Bahkan, sejak dibuka kegiatan tersebut, lebih daro 61 warga desa khususnya orang lanjut usia datang dan memeriksakan kesehatannya.

Ketua PMI Banjarnegara dr Amalia Desiana melalui Ketua Bidang Pelayanan Kesehatan dr Ahmad Setiawan mengatakan, pelayanan kesehatan gratis bagi warga di wilayah Puskesmas 2 Mandiraja bersama dengan komunitas trail ini merupakan satu komitmen dari PMI Banjarnegara dalam melayani masyarakat.

“Ini bagian dari komitmen PMI dalam upaya hadir dan melayani masyarakat sepenuh hati. PMI juga bersinergi dengan berbagai pihak, termasuk Puskesmas dan komunitas lain, khususnya dalam bidang sosial kemanusiaan,” katanya.

Menurutnya, dari kerjasama dan sinergitas ini ada jalinan kerjasama yang baik dalam rangka membantu pemerintah dibidang pelayanan kesehatan masyarakat. Sehingga kegiatan ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat, apalagi akses kesehatan merupakan hak dasar bagi setiap warga negara.

Sementara itu dokter Puskesmas 2 Mandiraja, dr Ivanda mengatakan, dari hasil pemeriksaan umum, sebagian besar masyarakat yang memerksakan kesehatanya adalah kelompok lanjut usia, dimana mereka banyak yang mengeluhkan tentang gangguan kesehatan ringan.

“Kebanyakan mengeluh yang identik dengan gejala flu, batuk, pilek, pusing, asam lambung, sakit kepala, gatal dan pegal pegal,” ujarnya.

Dikatakannya, beberapa warga yang datang dan memeriksakan kesehatanya adalah pasien dari Puskesmas yang sudah rutin melakukan pemeriksaan dan mengonsumsi obat dari Puskesmas terdekat.

“Banyak yang memeriksakan kesehatan karena obat yang dari Puskesmas habis, jadi sekalian periksa dan mengecek kondisi kesehatannya,” ujarnya.

Tak hanya itu, dia juga mengimbau pada masyarakat untuk secara rutin melakukan pemeriksaan kesehatan pada fasilitas kesehatan terdekat, sehingga saat mengalami gejala penyakit bisa terdeteksi lebih awal.

“Selain pemeriksaan kesehatan, sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat juga dilakukan untuk menggugah masyarakat akan pentingnya pola hidup sehat,” katanya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini