Minggu, 19 September 2021

Bisnis Digital Bisnis Masa Depan

Bagus Eka Prasetya Program Studi Bisnis Digital Universitas Amikom Purwokerto

Saat ini apa yang tidak beralih ke dunia digital. Televisi sudah merambah ke dunia digital dengan adanya streaming stasiun TV, dan Youtube untuk menyimpan beberapa tayangan yang dapat disaksikan tanpa melalui siaran TV.  Radio juga sudah merambah ke dunia digital dengan adanya Radio Online. Tidak hanya TV dan radio yang menampilkan video dan audio melalui internet, saat ini perusahaan sudah memanfaatkan website untuk mendiskripsikan profil perusahaan mereka.  Selain untuk deskirpsi profil website juga digunakan untuk mengenalkan produk dan juga untuk bertransaksi.

Bisnis yang tidak membangun website dapat memanfaatkan fitur yang ada di marketplace untuk mempromosikan dan menjual produknya. Beberapa aplikasi marketplace sudah menjadi tempat populer untuk berbelanja.  Selain itu pertokoan juga memiliki website sendiri untuk lebih melayani konsumen, tidak hanya untuk berpromosi tetapi juga untuk menjual secara online melalui toko di internet.

Bisnis jasapun tidak ketinggalan untuk memanfaatkan kemajuan teknologi ini untuk lebih meningkatkan omset penjualan.  Bisnis jasa transportasi, jasa penginapan, pariwisata dan berbagai bisnis jasa lainnya tidak luput dari perkembangan dengan adanya perkembangan teknologi saat ini. Bisnis jasa transportasi menggunakannya untuk menjual tiket perjalanan dan memberikan informasi waktu perjalanan.  Bisnis jasa penginapan menggunakannya untuk memberikan informasi kamar, harga sewa kamar beserta informasi lokasi yang dapat diakses melalui google maps. Bisnis pariwisata memanfaatkannya untuk kegiatan promosi dan penjualan tiket.

Tidak hanya perusahaan besar yang memanfaatkan internet untuk bisnis mereka.  Bisnis perseorangan yang tidak secara kontinyu menjual produkpun bisa memanfaatkan teknologi internet untuk mempromosikan produk mereka. Hal ini dilakukan dengan mempromosikan produk unggulan rumah tangga untuk ditawarkan secara preorder atau pemesanan terlebih dahulu.  Teknik pemasaran seperti ini efektif untuk mendapatkan konsumen dan juga efisien karena tidak mengeluarkan biaya pemasaran.  Produsen tidak perlu memiliki toko  saat berbisnis dengan metode pemasaran preorder, karena semua diproduksi berdasarkan pesanan. Bisnis jasa perseorangan juga berkembang dengan memanfaatkan perangkiat teknologi untuk memasarkan bisnis jasa mereka.

Tidak hanya pihak swasta yang memanfaatkan internet untuk mengembangkan bisnis mereka.  Pihak pemerintahpun untuk lebih melayani masyarakat juga sudah menerapkan sistem informasi   pelayanan kepada masyarakat.  Mulai dari informasi kependudukan, kesehatan, pertanian, peternakan, kehutanan, kelautan, pertahanan dan keamanan serta ketertiban kehidupan sosial kemasyarakatan.

Masa depan adalah masa depan dengan peran perangkat digital yang semakin dominan. Oleh karena itu semua pihak perlu mempersiapkan diri untuk lebih menggunakan intensif dalam menggunakan perangkat digitalnya.  Hal ini dilakukan untuk mendukung kegiatan produksi, kegiatan pemasaran dan juga pelayanan yang lebih baik kepada konsumen didalam bisnis. Bagi pemerintah pelayanan kepada masyarakat akan semakin baik dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.  Mari bersiap diri dengan dunia digital yang semakin kompleks dimasa depan.

By : Bagus Eka Prasetya Program Studi Bisnis Digital Universitas Amikom Purwokerto

Berita Terkait

Berita Terkini