Sabtu, 18 September 2021

Bupati Purbalingga Terima Penghargaan Kemenkop dan UKM, Ini Sejumlah Langkah yang Dinilai Inovatif 

Penghargaan secara virtual dari Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop dan UKM) kepada Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi. (dok istimewa)

Perhatian Bupati Purbalingga terhadap keberlangsungan koperasi dan UKM, diakui oleh Nasional. Hal itu dibuktikan dengan perolehan penghargaan dari Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop dan UKM). Beberapa langkah dalam mendukung perkembangan dinilai cukup inovatif.


Purbalingga, serayunews.com

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop UKM) Purbalingga, Budi Susetyono mengatakan penghargaan itu adalah Penghargaan Bakti Koperasi dan Usaha Kecil  dan Menengah (UKM) tahun 2021. Diberikan kepada Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi.

“Seluruhnya, ada 11 penerima, termasuk Bupati Purbalingga,” kata Budi, Senin (12/07/2021), usai penyerahan penghargaan secara virtual, Senin siang.

Penghargaan diberikan bertepatan dengan Peringatan Hari Koperasi ke 74. Para penerima itu dianggap memiliki peran dan memberikan support penuh kepada pembangunan koperasi serta UKM. Salah satu indikator kepedulian Bupati Purbalingga  adalah adanya langkah terobosan untuk peningkatan kinerja koperasi dan UKM.

Penerimaan penghargaan secara virtual dari Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop dan UKM) kepada Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi. (dok istimewa)

Budi menjelaskan, diantaranya support anggaran pengembangan. Baik melalui pelatihan dan pemberian dana hibah untuk koperasi dan UKM. Selain itu juga adanya pendampingan untuk mendapatkan modal dari luar. Diantaranya  melalui Lembaga Pendampingan Dana Bergulir (LPDP) dan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Pemberian akses pemasaran kepada produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), salah satunya dengan kebijakan masuknya sejumlah produk UMKM ke toko modern.  Selain itu melakukan kerjasama dengan PT Bukalapak melalui program Tuka-Tuku untuk pemasaran produk UMKM. Ini upaya membawa produk UMKM Purbalingga go nasional,” kata dia.

Dalam kesempatan terpisah Bupati Tiwi  menyampaikan pihaknya bersyukur dan berterima kasih atas raihan penghargaan tersebut. Disampaikan pihaknya memang berkomitmen memberdayakan koperasi dan UMKM. Program tersebut masuk dalam visi dan misi ‘Sapta Cita’ dalam pemerintahannya.

“Pembangunan koperasi dan UMKM masuk dalam Sapta Cita kelima. Karena ini merupakan salah satu wujud implementasi ekonomi kerakyatan,” kata Tiwi.

Baca juga Pengumuman! Ini Tiga Alun-alun Kecamatan dan Pertokoan di Cilacap yang Akan Ditutup

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini