Senin, 5 Desember 2022

Bupati Tatto Pulang Jalan Kaki dari Cilacap ke Majenang Disambut Ribuan Warga Cilacap

Para pelajar antusias menyambut dan menyapa Bupati pulang jalan kaki di jalan protokol Cilacap, Senin (14/11/2022). (Ulul Azmi/ Serayunews).

Mengakhiri masa jabatannya, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji pulang ke rumah dengan berjalan kaki. Bupati berjalan kaki dari Pendapa Wijayakusuma Cilacap ke rumah pribadi di Ciguling Majenang. Untuk menyampaikan rasa terima kasih, warga pun turut menyambutnya sepanjang jalan yang dilalui Bupati bersama rombongan.


Cilacap, serayunews.com

Kepulangan jalan kaki dari Kantor Dinas Bupati Cilacap menuju rumah pribadi di Ciguling Majenang, Bupati Tatto mengawalinya dengan apel bersama dengan pejabat jajarannya di halaman pendapa Wijayakusuma, Senin pagi (14/11/2022).

Suasana haru pun mewarnai saat Bupati Tatto dengan istri, anak beserta cucunya berpamitan menyalami satu persatu peserta apel. Tatto menyalami mulai dari Kepala Dinas, para camat, dan jajaran pegawainya.

Suasana haru saat Bupati berpamitan dengan para pegawai sebelum pulang jalan kaki di halaman Pendapa Wijayakusuma, Senin (14/11/2022). (Ulul Azmi/ Serayunews).

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mengatakan, perjalanan pulang jalan kaki berjarak sekitar 96 kilometer merupakan nazar yang akan ia tunaikan.

“Ini nazar saya jalan kaki saat selesai menjabat, pemimpin itu datang dan pergi. Dulu saya ke sini diantar keluarga dan masyarakat. Sekarang saatnya pulang karena perintah undang-undang, 15 tahun (menjabat) saya pulang, kalau dulu diantar pakai mobil. Sekarang saya pulang jalan kaki ke Ciluguling tempat saya 67 tahun lalu saya lahir,” ujar Bupati di sela acara jalan kaki.

Dengan mengenakan pakaian olah raga dan kaus bergambar wajahnya yang bertuliskan go home, kepulangan jalan kaki Bupati juga diikuti sejumlah pejabat jajaran hingga instansi lintas sektor yang ikut bersama rombongan. Bupati memilih jalan kaki, karena selain menyehatkan juga merupakan hobi yang rutin dia lakukan setiap hari. Selain itu, untuk melihat hasil pembangunan selama ia menjabat.

“Jalan kaki ini adalah nazar saya, saya ingin melihat melihat hasil pembangunan selama 15 tahun menjabat. Saya ingin pamit langsung kepada masyarakat,” ujarnya.

Sekda Cilacap Awaluddin Muuri melepas kegiatan jalan kaki Bupati Cilacap di halaman Pendapa Wijayakusuma, Senin (14/11/2022). (Ulul Azmi/ Serayunews)
Jangan Ganggu Pekerjaan dan Belajar

Bupati juga berpesan, bahwa kegiatan jalan kaki kepulangannya jangan sampai mengganggu kegiatan seperti belajar mengajar dan pelayanan OPD ke masyarakat.

“Jangan mengganggu pekerjaan OPD tetap bekerja, tapi kalau menyempatkan waktu satu dua menit saya bahagia, saya ingin pamit,” ujarnya.

Perjalanan pulang jalan kaki Bupati Cilacap pun mendapat respons positif masyarakat. Di sepanjang jalan, masyarakat antusias menyambut bupati dan rombongan.

“Baru kali ini seorang Bupati menunjukkan kepada masyarakat bahwa dia pulang dengan jalan kaki. Ini juga menunjukkan setelah menjabat kembali kepada masyarakat, sosoknya memang baik, bijaksana, alhamdulillah Cilacap banyak kemajuan,” ujar warga Kota Cilacap Sugiyono.

Untuk perjalanan pulang jalan kaki Bupati akan menempuh jarak sekitar 96 Kilometer. Perjalanan akan memakan waktu empat hari yakni 14-17 November 2022 dengan beberapa etape.

Untuk rutenya, berawal dari Pendapa Wijayakusuma menuju Kecamatan Jeruklegi dan menginap di Kawunganten. Kemudian hari berikutnya menuju Kecamatan Bantarsari dan menginap di Kecamatan Sidareja.

Untuk hari ke tiga, melanjutkan perjalanan menuju Cinangsi Gandungmangu dan menginap di Karangpucung. Lalu pada hari ke empat dari Karangpucung menuju rumah pribadi di Ciguling Majenang.

Seperti diketahui, untuk masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Cilacap periode 2017-2022 akan berakhir pada tanggal 19 November 2022.

Berita Terpopuler

Berita Terkini