Sabtu, 29 Januari 2022

Catat! Ini Dua Rute Bus Sekolah yang Beroperasi Besok di Banyumas

Bus sekolah akan dioperasikan kembali mulai besok, Selasa (11/1/2022). (Foto: Dok Dishub Banyumas)

Mulai besok, Selasa (11/1/2022), anak-anak sekolah di Kabupaten Banyumas yang mulai melakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM), bisa kembali menikmati layanan gratis dari bus sekolah.


Purwokerto, Serayunews.com

Jika sebelumnya hanya satu rute bus sekolah yang dilayani yaitu koridor 1 dari Kemawi, Kecamatan Somagede – Kecamatan Banyumas, maka mulai besok ditambah dengan satu rute lagi, yaitu koridor 2, dari Binangun – Banyumas.

“Ada penambahan satu koridor lagi untuk layanan bus sekolah, supaya semakin banyak anak-anak yang bisa berangkat sekolah dengan nyaman dan gratis,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Banyumas, Agus Nur Hadie, Senin (10/1/2022).

Baca juga  Prakiraan Cuaca di Purwokerto Hari Ini, 23 Januari 2022

Menurut Agus Nur Hadie, pengoperasian bus sekolah koridor 1 yang sudah berlangsung sejak tahun 2019 lalu, sempat dihentikan karena danya pademi Covid-19, dimana anak-anak sekolah melakukan pembelajaran secara daring. Dan saat sekarang PTM sudah diperbolehkan, maka bus sekolah kembali dioperasikan.

Terkait teknis pengopersian bus sekolah, Kepala UPTD Pengelola Sarana dan Prasarana Dishub Banyumas, Taryono menjelaskan, untuk koridor 1 mulai dari  Desa Kemawi – Klinting – Tanggeran – Somagede dan Banyumas. Ada  2 unit bus yang dioperasikan pada akoridor 1, dengan kapasitas satu bus 36 orang, yang terdiri dari 26 kursi duduk dan 10 handgrip.

Baca juga  Ganjar Minta Tak Ada Lagi Kasus Vaksin Kedaluwarsa

Sedangkan untuk koridor 2, mengambil rute dari Banyumas-Pasinggangan-Binangun. Dipilihnya jalur tersebut, lanjutnya, karena selama 16 tahun terakhir, sudah tidak ada lagi angkutan pedesaan yang melalui jalur tersebut.

“Tahun kemarin kita mendapatkan tambahan armada baru, dua unit bs sekolah. Setelah dilakukan berbagai pertimbangan, maka bus sekolah tersebut dioperasikan dengan rute Banyumas – Pasinggangan – Binangun, karena sudah tidak ada angkudes di jalur tersebut, sehingga selama ini anak-anak sekolah harus diantar-jemput oleh orang tuanya, atau ada juga yang membawa kendaraan sendiri” terangnya.

Untuk jam operasional, bus sekolah pada koridor 1 mulai stand by di Halte Kemawi dengan keberangkatan pada pukul 05.45 WIB. Sedangkan untuk jalur pulang, bus mengambil jalur mulai dari SMPN 1 Somagede-SMK Muhammadiyah Somagede-SMP N 2 Somagede-Halte Klinting dan finis di Halte Kemawi.

Baca juga  Pasar Semok Kemiren Asri, Pilihan Referensi Kuliner di Cilacap

Hal tersebut berlaku juga untuk bus sekolah koridor 2. Bus koridor  2 kapasitas masing-masing hanya19 penumpang, mengingat jalur ini jalan masih kecil, sehingga sulit untuk bus medium. Sedang untuk jalur kepulangan bus sekolah koridor 2, mulai dari SMPN 3 Banyumas-PPPI Miftahusalam Banyumas-SMKN 1 Banyumas-SMA Banyumas-SMKN 2 Banyumas-SMPN 1 Banyumas- SMKN 3 Banyumas- SMP Purnama 2 Banyumas dan SMPN 2 Banyumas-SMPN 2 Somagede-Halte Klinting dan berakhir di Halte Kemawi.

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini