Jumat, 30 September 2022

Catat! Karnaval Pembangunan Bakal Meriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-77 di Cilacap

Karnaval pembangunan di Kabupaten Cilacap tahun 2019. (Ulul/Serayunews)

Sempat vakum hampir tiga tahun akibat pandemi Covid-19, Pemkab Cilacap berencana kembali menggelar event besar dalam memperingati Hari Kemerdekaan RI Ke-77. Rencanannya peringatan akan meriah dengan berbagai kegiatan dengan mengusung kelestarian budaya lokal. Kegiatan termasuk karnaval pembangunan, yang terakhir kalinya berlangsung di Cilacap Tahun 2019 lalu.


Cilacap, serayunews.com

Berdasarkan hasil rapat persiapan peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-77 di Kabupaten Cilacap, oleh Bupati di Ruang Jalabumi pada Senin kemarin (18/7), Bupati menyampaikan bahwa peringatannya dapat kembali meriah dengan berbagai kegiatan perayaan.

“Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ini, saya minta setelah kemarin dua tahun bahkan hampir tiga tahun tidak ada kegiatan sama sekali, tahun ini agar kita rayakan. Jadi monggo agar nantinya peringatan dan perayaannya meriah tapi murah,” ujar Bupati dalam rapat peringatan HUT RI Ke-77.

Bupati Cilacap juga berpesan agar nantinya kegiatan untuk memeriahkan peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI adalah kegiatan yang menjunjung dan melestarikan budaya lokal agar tidak terlupakan seiring berkembangnya zaman.

“Selain untuk mengingat perjuangan para pahlawan, ini adalah ajang untuk membangkitkan kembali the amazing local culture yang terkadang masyarakat sudah lupa. Seperti budaya dan lomba-lomba semi lokal zaman dulu itu bagus untuk hiburan dan untuk mengingat kembali masa lalu,” kata Bupati.

Ketua Umum Panitia HUT RI Kabupaten Cilacap Luhur Satrio Muchsin menyampaikan, ada beberapa rencana kegiatan dalam Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Cilacap Tahun 2022 di antaranya yaitu tatap muka dan silaturahmi peserta gelar anak daerah (GADA) bercahaya, pengukuhan pasukan pengibar bendera merah putih Tahun 2022, dan Rapat Paripurna Istimewa DPRD.

“Kemudian ada juga apel kehormatan / renungan suci, upacara pengibaran bendera kebesaran dan detik-detik Proklamasi, serta upacara penurunan bendera,” ujar Satrio yang juga sebagai Kasat Pol PP Cilacap.

Pengajian Akbar

Untuk rencana acara penunjang yaitu malam tasyakuran, tamah tamah dengan perintis kemerdekaan, veteran, purnawirawan, wredatama dan angkatan 45. Ada juga malam resepsi di Pendapa Wijayakusuma Cakti atau Alun-alun Cilacap.

Selain itu ada juga pengajian akbar bersama Gus Miftah di Alun-alun Majenang. Ada juga pengajian akbar dengan Gus Muwafiq di Alun–alun Sidareja.

Kemudian rencananya ada juga Karnaval Pembangunan, lomba olahraga badminton, donor darah serta pemeriksaan kesehatan, dan pagelaran wayang kulit.

“Kami mohon dukungan dan kerjasama dari semuanya. Mari kita laksanakan, peringatan HUT RI dengan meriah tapi murah dan ada kegiatan yang bisa menunjukkan hasil pembangunan,” ujarnya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini