Selasa, 24 Mei 2022

Catat! Tak Ada Razia Knalpot Brong di Purbalingga, Begini Penjelasannya

Dok. Istimewa

Angin segar bagi para pecinta otomotif di Kabupaten Purbalingga. Berbeda dengan daerah lain yang sedang gencar melakukan razia knalpot brong, sampai saat ini, di kota yang dikenal sebagai produsen knalpot ini, belum fokus mengarah hal itu.


Purbalingga, serayunews.com

Knalpot brong tengah menjadi trend di kalangan pecinta otomatif, terutama kawula muda. Bagi sebagian pecinta otomotif, penggunaan knalpot brong bisa menjadi suatu gengsi. Tapi karena suaranya yang bising, oleh masyarakat umum hal itu dirasa mengganggu.

Oleh karena itu, sejumlah wilayah di nusantara tengah gencar melakukan penertiban. Para pengguna knalpot brong pun dirazia dan disanksi. Knalpot disita dan dimusnahkan. Tapi pemandangan itu belum terlihat di wilayah hukum Polres Purbalingga.

Baca juga  Ada Bandara di Purbalingga, Masyarakat Dilarang Menerbangkan Balon Udara

“Kita masih fokus untuk solusi ke depan. Razia knalpot di Purbalingga belum ada arah ke sana,” kata Kasat Lantas Polres Purbalingga, Akp Rizky Widyo Pratomo, Kamis (20/01/2022).

Pihak kepolisian bersama pemerintah daerah (Pemda) tengah menyusun strategi terbaik. Sehingga bisa meminimalisir potensi yang berdampak negatif. Sebab, kondisinya ibarat dua mata pisau. Satu sisi, sebagai daerah penghasil knalpot, menjadi penghidupan sebagian masyarakat yang bermata pencaharian sebagai produsen. Sisi lain, dampak ramainya razia knalpot, berdampak pada penurunan penjualan.

“Nanti difixkan semua baru pertemuan bareng pengerajin,” ujarnya.

Baca juga  Nelayan Tersambar Petir di Waduk Mrica Banjarnegara, Ditemukan Meninggal Dunia

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Dinperindag) Kabupaten Purbalingga, Johan Arifin membenarkan. Bahkan Dinas tengah melakukan koordinasi dengan Polres Purbalingga. Wilayah Kabupaten Purbalingga hingga saat ini belum dilakukan operasi tersebut.

“Dinperindag bersama dengan Polres Purbalingga sedang melakukan koordinasi untuk merumuskan kebijakan terbaik terkait dengan knalpot made ini purbalingga. Agar usaha IKM tetap terus berjalan dan semakin maju tetapi, tetap selaras dengan kenyamanan masyarakat, lingkungan, pengguna knalpot juga tetap terjaga,” kata Johan.

Masih dari Johan, ramainya operasi knalpot brong oleh pihak berwenang di beberapa wilayah memang bisa jadi berpotensi menyebabkan penurunan omset pengrajin knalpot Purbalingga. Karena mayoritas pelaku industri knalpot Purbalingga merupakan produsen knalpot handmade yang menyesuaikan bentuk, dan suara pesanan konsumen.

Baca juga  Wabup Sadewo Kawal Perizinan Dermaga Kedunguter Hingga Tuntas

“Insyaallah pekan depan kita akan duduk bersama dengan pihak-pihak terkait khususnya Dinperindag, Polres dan teman-teman pengrajin knalpot,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini