Kamis, 20 Januari 2022

Cegah Kebutaan, BCA dan Perdami Gelar Baksos Operasi Katarak di Purwokerto

Baksos BCA menggelar operasi katarak di RSU Dadi Keluarga. (Dok istimewa)

Sebanyak 81 persen kebutaan disebabkan oleh katarak. Melihat kondisi tersebut, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berkolaborasi dengan Seksi Penanggulangan Buta Katarak Perdami (SPBK) Pusat mengadakan Bakti Sosial Operasi Katarak di RSU Dadi Keluarga Purwokerto.


Purwokerto, serayunews.com

Inge Setiawati selaku EVP CSR BCA mengatakan, katarak bukanlah penyakit yang bisa dianggap remeh, butuh pencegahan dan juga penanggulangan yang serius agar angka kebutaan di Indonesia pun tidak meningkat. Dan BCA berkomitmen  untuk membantu operasi para penderita katarak yang kesulitan dalam hal pembiayaan.

“BCA berkomitmen untuk membantu saudara-saudara yang menderita katarak namun terbatas biaya untuk melakukan operasi. Tahun ini, kami telah melaksanakan Bakti Sosial Operasi Katarak di RS Dadi Keluarga Ciamis dengan total 206 pasien, Rumah Sakit MM Kabupaten Indramayu dengan total 217 pasien dan pada hari ini kami mentargetkan 150 pasien akan dioperasi katarak melalui penyelenggaraan kegiatan bakti sosial ini,” jelasnya, Senin (29/11).

Baca juga  Dapat Asimilasi, Tiga Napi di Banjarnegara Dipulangkan

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Rapid Assessment of Avoidable Blindness (RAAB), tahun 2014 hingga 2016 oleh Perdami dan Badan Litbangkes Kemenkes menunjukan bahwa angka kebutaan di Indonesia mencapai 3% dan sebanyak 81% disebabkan oleh katarak.

Sebagai informasi, BCA telah bersinergi dengan Perdami sejak tahun 2001 dan telah berhasil melakukan operasi katarak terhadap 5.749 pasien katarak. Selain bersama Perdami BCA juga menjalin kerjasam dengan Kick Andy Foundation untuk bakti sosial operasi katarak sejak tahun 2017 hingga 2019 dan telah berhasil melakukan operasi katarak terhadap 437 pasien. Sehingga total operasi 6.186 pasien. BCA juga memberikan dukungan penyediaan alat – alat operasi katarak untuk SPBK PERDAMI, dan beberapa Perdami Cabang untuk mempercepat pemberantasan buta katarak. Operasi ini pun turut melibatkan dua puluh empat dokter spesialis mata yang didampingi oleh asisten dokter untuk menangani sekitar 150 pasien.

Baca juga  Peringati Hari Ibu, IWAPI Banjarnegara Gelar Lomba Kreasi Makanan Ketela

Di sisi lain, pada tahun 2019, BCA juga telah menyumbang donasi 1 buah mikroskop dan instrumen katarak kepada SPBK Perdami Pengurus Pusat, donasi 1 buah mikroskop kepada Perdami Cabang DKI Jakarta, dan dukungan pembelian donasi 1 mesin phacoemulsifikasi kepada perwakilan Perdami Cabang Riau.

Agus selaku Kepala KCU Purwokerto, mengungkapkan bahwa operasi katarak ini merupakan kegiatan yang mulia dan memberikan harapan bagi banyak warga Indramayu yang terhalang biaya untuk melakukan operasi. Ia pun turut berharap kegiatan ini dapat diselenggarakan di berbagai wilayah lain di tanah air.

Baca juga  Biadab! Pemuda di Banjarnegara Ini Tega Habisi Keponakan Sendiri Demi HP, Pembunuhan Bocah 9 Tahun Terkuak 

“Sebagai institusi perbankan yang turut menaruh perhatian pada ranah kesehatan, BCA tentu mendukung penuh gerakan bebas katarak bagi masyarakat di Indonesia. Kami berharap aksi ini dapat memberikan nilai positif dan mengajak seluruh lini dan masyarakat agar bahu membahu dalam membantu sesama yang membutuhkan,” tutup Inge Setiawati.

Kegiatan bakti sosial operasi katarak tersebut dihadiri oleh Kepala Operasi Cabang KCU Purwokerto, Sri Sudarmi. Hadir pula pada acara tersebut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas Sadiyanto, S.K.M.,M.Kes, SPBK Perdami Dr. Astrianda N Soeryono SpM(K) dan Direktur RS. Dadi Keluarga Purwokerto dr. Dhian Shinto Hapsari, beserta dengan segenap pengurus dari Perdami Pusat dan Perdami Jawa Tengah. Operasi katarak di RSU Dadi Keluarga Purwokerto ini diselenggarakan selama tiga hari berturut-turut, yakni dari tanggal 27 hingga 29 November 2021.

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini