Sabtu, 3 Desember 2022

Cegah Longsor, Pramuka Banjarnegara Dilatih Persemaian dan Konservasi

Sejumlah anggota Pramuka, saat berlatih persemaian tanaman keras di Politeknik Banjarnegara, Minggu (13/11/2022). (Maula/Serayunews)

Sebagai upaya pencegahan akan bencana longsor, para Pramuka di Banjarnegara mendapatkan pelatihan persemaian tanaman keras untuk konservasi. Mereka melakukan praktik langsung di GH Persemaian Politeknik Banjarnegara, Minggu (13/11/2022).


Banjarnegara, serayunews.com

Direktur Politeknik Banjarnegara, Aziz Purwanto mengatakan, pelatihan persemaian bagi anggota Pramuka ini lebih difokuskan pada tanaman keras sebagai konservasi. Sehingga nantinya para anggota gerakan Pramuka, bisa ikut terjun langsung dan melakukan konservasi alam sebagai bagian dari upaya pencegahan bencana longsor dan merawat bumi.

“Kita ajak mereka untuk melihat langsung, mulai dari pembuatan pupuk, persemaian, pemindahan, hingga tanaman siap tanam,” ujarnya.

Menurutnya, pengenalan tentang konservasi dan persemaian khususnya tanaman keras, sangat penting bagi generasi muda. Sehingga mereka bisa ikut berperan aktif, dalam menjaga lingkungan.

Tak hanya itu, mereka juga belajar tentang persemaian tanaman konservasi yang produktif, seperti tanaman buah dan lainnya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini