Selasa, 6 Desember 2022

Cilacap Raih Penghargaan dari ANRI di Hari Arsip ke-51

Kepala Dinas Arpus Kabupaten Cilacap, Supriyanto saat menerima penghargaan dari ANRI di Grand Ballroom Hotel Pangeran, Pekanbaru, Riau, Jumat (13/5/2022). (Dok Pemkab Cilacap)

Dinas Kersipan dan Perpustakaan Kabupaten Cilacap mendapat penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) untuk Arsip Konservasi dan Pembangunan Kawasan Segara Anakan Cilacap-Jawa Tengah Tahun 1996-2000.


Riau, serayunews.com

Penghargaan dalam rangka menyambut Hari Kearsipan ke–51 yang jatuh pada 18 Mei 2022 ini, diserahkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dan Kepala ANRI, Imam Gunarto, kepada Kepala Dinas Arpus Kabupaten Cilacap, Supriyanto, di Grand Ballroom Hotel Pangeran, Pekanbaru, Riau, Jumat (13/5/2022).

Arsip Konservasi dan Pembangunan Kawasan Segara Anakan Cilacap Tahun 1996-2000 merupakan Memori Kolektif Bangsa kepada Bupati Cilacap. Arsip ini berfungsi sebagai rujukan penelitian dan pengambilan kebijakan bagi Pemerintah Daerah dan Pusat dalam perencanaan program atau kegiatan penyelamatan Kawasan Segara Anakan berikutnya.

Kegiatan ini juga sebagai langkah awal untuk melakukan akuisisi, penataan dan pengolahan informasi terhadap arsip Kawasan Segara Anakan yang masih tersebar di berbagai organisasi perangkat daerah, sehingga informasi arsip dapat diakses dan bermanfaat bagi masyarakat.

Menteri Tjahjo Kumolo berharap bahwa tindak lanjut kegiatan akan membentuk pusat studi Kawasan Segara Anakan yang berasal dari pengolahan arsip statis dan akan semakin menambah semangat tertib arsip di Kabupaten Cilacap.

“Sejalan dengan arahan Bapak Presiden, bahwa kemampuan Indonesia dalam mengelola arsip harus semakin baik, karena arsip merupakan landasan untuk membuat kebijakan yang cepat dan tepat,” terang Menteri Tjahjo.

Berita Terpopuler

Berita Terkini