Senin, 18 Oktober 2021

Dapur Umum di Toyareka Bagikan Ratusan Bungkus Makanan untuk Warga Terdampak Covid-19 

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, bersama Istri Kapolres dan Istri Dandim Purbalingga ikut mempersiapkan masakan di dapur Umum Yayasan Bara Tirta, Toyareka, Jumat (16/07/2021) pagi. (Amin Wahyudi)

Dapur umum peduli Covid-19 didirikan oleh Yayasan Bara Tirta Buana, di Desa Toyareka, Kemangkon. Ratusan bungkus makanan mereka masak setiap harinya. Ditujukan untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19.


Kemangkon, serayunews.com

Pembina Yayasan Bara Tirta Buana, Amin Sahri mengatakan bahwa setiap harinya, para ibu relawan memasak. Siang hari, giliran para laki-laki yang membagikan kepada masyarakat. Bantuan dibagikan kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Kamangkon.

“Kadang 200, kadang 300, pernah juga 500 bungkus seharinya. Kita mencoba bergerak, membantu warga yang sedang isoman, atau mereka yang terdampak covid,” kata Amin, ditemui di Dapur Umum, Toyareka, Jumat (16/07/2021) pagi.

Tak hanya makanan siap santap, ada kalanya juga membagikan bahan makanan, atau bisa juga membagikan masker atau dan vitamin. Pada intinya, apapun yang diperlukan masyarakat akibat dari pandemi sebisa mungkin diadakan.

“Dana kami dapat dari anggota dan juga para donatur, kami ingin benar-benar bergerak, sebisa yang bisa dilakukan untuk membantu sesama,” katanya.

Gerakan kesadaran masyarakat seperti ini, mendapat apresiasi dari Pemkab. Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi. Bersama dengan Forkompinda, menyambangi dapur umum tersebut. Selain memberikan dukungan moril, juga menyalurkan materil.

“Ini gerakan bagus, sangat inspiratif, kami ingin menyambangi untuk memberikan suport, dan sedikit mendistribusikan bahan baku,” kata Bupati Tiwi.

Menurut Tiwi, gerakan masyarakat seperti ini betul-betul sangat dibutuhkan. Sebab pandemi menjadi masalah bersama dan juga tanggungjawab bersama. Saat seperti ini harus ada gotong royong bergerak bersama, dengan banyaknya kepedulian maka akan meringankan beban.

“Kami cukup surprise ternyata banyak masyarakat yang memberikan empati luar biasa terhadap saudara-saudara kita yang saat ini sedang diuji dengan Pandemi Covid-19,” ujar Tiwi.

Sementara itu, di lokasi lain juga ada gerakan kepedulian serupa. Seperti di Kantor Kecamatan Kalimanah diselenggarakan pendistribusian bantuan 440 nasi kotak oleh BUMD BPR BKK Purbalingga khusus warga Isoman di Kalimanah. Sedangkan di Posko Satgas Covid-19 Purbalingga diselenggarakan pendistribusian 397 nasi kotak dari TP PKK Purbalingga untuk warga isoman di Kecamatan Purbalingga.

Selain menyambangi posko pemberian bantuan makanan untuk warga isoman, Bupati bersama jajaran Forkopimda juga meninjau pelaksanaan vaksinasi door-to-door di Dusun I Toyareka. Vaksinasi tersebut merupakan inisiasi dari Polres Purbalingga dan Kodim 0702 Purbalingga untuk membantu mewujudkan herd immunity.

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini