Jumat, 9 Desember 2022

Daripada Gabut, Ini Kiat Bisnis dari Erna Juliana, Ibu Rumah Tangga yang Juga Pengusaha Fesyen di Cilacap

Erna Juliana yang merupakan seorang pengusaha di bidang fesyen sekaligus desainer, saat kontes busana muslim beberapa waktu lalu. (Dok Erna)

Untuk mengisi waktu luang, ada baiknya para ibu rumah tangga bisa memulai bisnis untuk menambah pemasukan keluarga. Selain bisa membuang jenuh, para suami juga akan ikut senang bila istrinya lebih mandiri.


Cilacap, serayunews.com

Ada beragam cara seorang ibu rumah tangga dalam memulai bisnis, seperti yang dibeberkan oleh Erna Juliana, seorang pengusaha sekaligus ibu rumah tangga. Ia mengatakan, dalam membangun sebuah usaha bagi ibu rumah tangga, aspek yang terpenting adalah dengan terjun di bidang yang sesuai passion atau bakat minat.

“Apalagi berbisnis, tampaknya semakin digandrungi dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini disebabkan berkembang pesatnya teknologi dan arus informasi,” katanya kepada serayunews.com, Rabu (23/11/2022).

Dijelaskan, dalam berbisnis akan menguras waktu, tenaga serta biaya, sehingga jika itu dilakukan dengan passion diharapkan tidak mudah mengeluh. Seperti layaknya hobi, jika sudah hobi maka tidak akan mengeluh. Sedangkan, bidang bisnis yang ia sarankan untuk para ibu rumah tangga yakni dalam hal kuliner, fesyen, dan kecantikan.

“Seperti saya misalnya karena senang fesyen dan kecantikan, jadi bisnis di bidang itu. Akhirnya bisa jadi desainer sampai sekarang, namun harus tetap telaten dan pantang menyerah,” tuturnya.

Sementara, untuk strategi marketing, ia menyarankan diawali dari teman terdekat terlebih dahulu. Atau melalui sosial media yang dimiliki, yang paling mudah tentu dengan memposting di status Whatsapp, Instagram, dan di Facebook.

“Akan lebih baik lagi diiklankan misalnya, foto produk pun harus dibuat menarik. Selain itu harus banyak belajar mengenai bisnis plan juga. Intinya harus banyak belajar, belajar bisa dari mana saja. Bisa dari keseharian misalnya, kemudian dari teman kita dan di internet pun banyak,” ungkapnya.

Ia juga menyarankan, para ibu rumah tangga juga harus banyak belajar bebagai hal, dengan banyak belajar membuat banyak wawasan tentang bisnis, sehingga bisa menentukan arah bisnisnya. Selain itu, masuk dalam komunitas juga merupakan hal yang wajib bagi pengusaha, karena terdapat manfaat yang bisa diambil.

“Nah karena sudah berkeluarga, harus bisa membagi waktu dengan baik, namun itu bukan masalah, karena dengan berbisnis bisa membagi waktu sesuka kita. Sehingga tugas di rumah mengurus keluarga tidak terlewatkan,” jelasnya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini