Senin, 4 Juli 2022

Data Terbaru, Jumlah Pemilih untuk Pemilu di Purbalingga Mencapai 743.255 Orang

Komisioner KPU bersama steal holder terkait dan perwakilan parpol saat rakor pemutakhiran data pemilih berkelanjutan di Aula KPU Purbalingga.

Pemilihan umum (Pemilu) akan diselenggarakan pada tahun 2024. Namun, persiapan telah dilakukan jauh-jauh hari. Saat ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah memulai penghitungan data pemilih. Berdasarkan hitungan terbaru, jumlah pemilih di Purbalingga mencapai 743.255 orang.


Purbalingga, serayunews.com 

etua KPU Kabupaten Purbalingga, Eko Setiawan menyampaikan, pemutakhiran data pemilih kini dilakukan secara berkala. Jumlah pemilih angkanya sangat dinamis, maka perlu dilakukan pendataan secara kontinyu. Sehingga pada saatnya nanti, bisa diketahui lebih cepat dan tepat.

Baca juga  Nada-nada Politik Mulai Mengalun, Seiring KPU Meluncurkan Tahapan Pemilu 2024

“KPU Kabupaten Purbalingga, saat ini terus melakukan pemutakhiran data pemilih secara berkelanjutan yang nantinya akan digunakan pada saat Pemilu tahun 2024,” kata Eko, Selasa (05/04/2022).

Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (DPB) Triwulan I Tahun 2022 pada Jumat, 1 April 2022, di Aula KPU Kabupaten Purbalingga. Kegiatan itu dihadiri oleh Bawaslu, Kodim 0702 Purbalingga, Polres Purbalingga, Dinpendukcapil Kabupaten Purbalingga dan Partai Politik di tingkat Kabupaten Purbalingga.

“Kita menerima masukan dari masyarakat terkait dengan data pemilih. Kami juga mengapresiasi Dinpendukcapil yang telah melakukan perekaman terhadap siswa SMA yang pada tahun 2024 akan berusia 17 tahun.” kata Eko.

Baca juga  Ini Dia Empat Tim yang Lolos ke Semifinal Liga 1 Askab PSSI Purbalingga

Anggota KPU Kabupaten Purbalingga Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Catur Sigit Prastyo menyampaikan, data pemilih berkelanjutan. Data pemilih baru yang dimutakhirkan selama Triwulan I mencapai 43 pemilih, dengan rincian 12 laki-laki dan 31 perempuan. Sementara data pemilih tidak memenuhi syarat mencapai 191 pemilih yang terdiri dari 92 laki-laki dan 99 perempuan.

“Dengan rincian data pemilih yang dimutakhirkan selama Triwulan I atau bulan Januari, Februari dan Maret maka jumlah pemilih menjadi sebanyak 743.255 pemilih dengan rincian 373.580 pemilih laki-laki dan 369.675 pemilih perempuan.” kata Catur.

Baca juga  Kondisinya Tak Terurus, Balkondes Goa Lawa Purbalingga Jadi “Rumah Hantu”

Setelah pelaksanaan Rakor Pemutakhiran DPB Triwulan I Tahun 2022, KPU Kabupaten Purbalingga melanjutkan dengan melaksanakan Pleno Pemutakhiran DPB Periode Maret tahun 2022. Pleno tersebut dihadiri oleh semua anggota KPU Kabupaten Purbalingga dan para Kasubbag di KPU Kabupaten Purbalingga.

Berita Terkait

Berita Terkini