Sabtu, 13 Agustus 2022

Desa Karangreja Cilacap, Maksimalkan Dana Desa untuk Pencegahan Stunting

Balai Desa Karangreja Cipari.

Guna memaksimalkan penanggulangan stunting di wilayahnya, Pemerintah Desa Karangreja Kecamatan Cipari Kabupaten Cilacap, mengalokasikan dana desa hingga 20 persen. Wilayah tersebut, menjadi salah satu wilayah lokus stunting.


Cipari, serayunews.com

Kepala Desa Karangreja, Wasono mengatakan, segala upaya untuk menanggulangi stunting di desanya terus dilakukan, salah satunya menggunakan dana desa. Terlebih, stunting merupakan program prioritas nasional dan juga masuk ke dalam program prioritas pembangunan desa.

“Kami mengoptimalkan penggunaan dana desa untuk pencegahan dan penanggulangan stunting di sini,” katanya, Selasa (5/4/2022).

Baca juga  Catat Pagi Ini Barcelona vs Real Madrid, Sayang sang Bintang Absen

Ia menjelaskan, sepanjang 2021 pihaknya telah mengalokasikan dana desa sebesar 20 persen untuk penanganan stunting. Dengan meningkatkan konsumsi pangan masyarakat dengan memanfaatkan lahan pekarangan. Di mana lahan pekarangan dimanfaatkan untuk menanam berbagai macam sayuran untuk kebutuhan gizi masyarakat.

“Dana desa juga digunakan untuk penguatan sapras posyandu dan membangun fasilitas kesehatan,” tuturnya.

Atas upaya itu, kata dia, angka stunting di desanya telah turun sebanyak 4 anak, dimana angka stunting pada 2021 terdapat 32 anak dan kini menjadi 28 anak. Itu diketahui saat penimbangan serentak angka stunting baru-baru ini.

Baca juga  Hari Keluarga Nasional, Bupati Tatto Dorong Percepatan Penurunan Stunting di Cilacap

“Alhamdulillah sudah mulai berkurang, dari hasil evaluasi program ini akan kami terus tingkatkan. Harapanya angka stunting di desa kami bisa nol,” jelasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini