Kamis, 11 Agustus 2022

Desa Pasuruhan Cilacap Dicanangkan Sebagai Kampung Pancasila

Pencanangan Kampung Pancasila di Desa Pasuruhan Binangun ditandai Dengan Pemukulan Gong oleh Ketua DPRD Cilacap Taufik Nurhidayat (Ulul Azmi)

Danrem 071 Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga membuka Pencanangan Kampung Pancasila di Desa Pasuruhan, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap, Kamis (7/4). Pencanangan Kampung Pancasila yang diinisiasi Kodim 0703 Cilacap ini, untuk menumbuhkan kembali nilai-nilai ideologi Pancasila yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.


Binangun, serayunews.com

Pencangan Kampung Pancasila di Desa Pasuruhan ditandai dengan pemukulan gong oleh Ketua DPRD Cilacap Taufik Nurhidayat, dihadiri Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman, Dandim 0703 Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, Wakapolres Cilacap Kompol Suryo Wibowo, TNI AL, Forkopimcam, Tokoh Agama, Tokoh Mayarakat, kelompok pemuda, ormas, serta sejumlah tamu undangan lain.

Komandan Korem 071 Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga menyampaikan, bahwa Pencanangan Kampung Pancasila dilakukan di Desa Pasuruhan, dikarenakan Desa Pasuruhan memiliki berbagai keberagaman, baik dari agama, suku, maupun golongan. Selain itu, menurutnya masyarakatnya juga dinilai mudah menerima hal-hal yang positif.

Baca juga  Ditinggal Nonton TV di Tempat Tetangga, Rumah Warga Bantarsari Terbakar Hebat

“Di tempat ini kami tumbuhkan nilai Pancasila untuk kita hidupkan, kami berharap bisa bersinergi dengan Angkatan Laut, Angkatan Udara, Polri dibantu Pemda untuk menghidupkan kembali nilai Pancasila di seluruh kampung yang ada di Cilacap,” ujar Danrem usai acara.

Damrem 071 Wijayakusuama Kolonel Inf Yudha Airlangga saat melakukan Pencanangan Kampung Pancasila di Desa Pasuruhan Binangun Cilacap (Ulul Azmi)

Danrem menambahkan, bahwa Kampung Pancasila sudah serempak dibentuk di jajaran Kodam IV Diponegoro mencakup wilayah Jawa Tengah, di Cilacap sebagai salah satu pionir di Jawa Tengah, sehingga untuk mendorong Kampung Pancasila di wilayah lain.

“Programnya ke depan adalah implemetasi dari nilai-nilai Pancasila, mulai dari implementasi nilai kebersamaan, jiwa korsa atau keberagaman, saling menghargai, dapat diimplemtasikan dalam kehidupan bermasyarakat, terutama generasi muda, saat ini kita menghadapai gencarnya serbuan media sosial sehingga diharapkan ideologi Pancasila tidak tergerus dari pengaruh negatif dari media sosial,” ujarnya.

Baca juga  Damkar Kroya Selamatkan Kucing Tercebur Sumur, Begini Ceritanya

Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman mengatakan, bahwa Pemkab Cilacap siap mendukung program yang sudah dicanangkan di Desa Pasuruhan. Menurutnya ada banyak yang dihadapi seperti lunturnya nilai-nilai Pancasila. Sehingga nilai-nilai itu dibangkitkan kembali melalui pencanangan Kampung Pancasila ini yang diharapkan ada toleransi dalam keberagaman.

Selain itu, menurut Wakil Bupati juga meyakini dengan adanya kegiatan Pencanangan Kampung Pancasila akan membawa manfaat yang besar untuk Kabupaten Cilacap, serta membuat masyarakatnya lebih rukun, damai, dan membuat Kabupaten Cilacap lebih hebat.

“Saya berharap bahwa Pencanangan Kampung Pancasila di Desa Pasuruhan Kecamatan Binangun ini, dapat menjadi percontohan dan akan berkembang di semua kecamatan di Kabupaten Cilacap. Pancasila harus ditanamkan dalam diri setiap warna Negara Indonesia, tak terkecuali warga Kabupaten Cilacap,,” ujarnya.

Wakil Bupati juga berharap agar Pencanangan Kampung Pancasila dilaksanakan dengan ikhlas dan bertanggung jawab disertai semangat agar kita lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai – nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Baca juga  Yuk, Ramaikan Cilacap Fashion Week Malam Minggu Ini di Alun-alun, Slebew!

“Saya juga berharap agar apa yang telah kita lakukan hari ini, jangan seremonial belaka akan tetapi harus mampu direalisasikan di lapangan, serta menjadi spirit kepada semua pihak untuk benar-benar mengaplikasikannya pada kehidupan sehari-hari,”kata Wakil Bupati.

Sementara itu, Ketua DPRD Cilacap Taufik Nurhidayat mengatakan, adanya program ini untuk mengingatkan kembali ideologi Pancasila yang dilahirkan dari jiwa Bangsa Indonesia. Dimana di Cilacap dimulai dari Desa Pasuruhan, yang dinilai kompak dalam bermusyawarah, dalam kehidupan beragama, sosial dan lainnya.

Selain itu Taufik mengatakan, masyarakat Desa Pasuruhan juga diyakini akan mempertahankan budaya atau kebiasaan yang sudah baik di masyarakat. Contohnya ada keberagaman kelompok masyarakat namun tidak terjadi gesekan.

“DPRD mendorong dan mendukung ide gagasan dari Dandim 0703 Cilacap dan Danrem 071 Wijayakusuma, yang mengingatkan kita lebih kembali mengingatkan kembali bahwa ini alih generasi, jangan sampai generasi kita yang lahir saat ini dibesarkan oleh media sosial, tanpa dasar ideologi yang jelas,” ujar Taufik.

Berita Terkait

Berita Terkini