Rabu, 20 Oktober 2021

Diskominfo Cilacap Launching Aplikasi SISUKKA, Apa Itu?

Kepala Diskominfo Cilacap M Wijaya saat melaunching aplikasi SISUKKA. (dok istimewa)

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Cilacap melaunching aksi perubahan Sistem Pelaporan Isu Publik di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap (SISUKKA). Aplikasi ini merupakan bentuk terobosan digitalisasi membantu manganalisa isu publik sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan kebijakan.


Cilacap, serayunews.com

Kepala Diskominfo Cilacap M Wijaya menyampaikan, bahwa aplikasi SISUKKA sebagai salah satu terobosan dalam meningkatkan pelayanan kepada stakeholder dan masyarakat. Aplikasi ini sebagai aksi perubahan yang dilakukan oleh Kasi Pengelolaan Informasi Dan Statistik Diskominfo Cilacap Ade Agung Wibowo.

“Aksi perubahan ini sebagai suatu terobosan digitalisasi sebagai bentuk inovasi isu strategis. Melalui aplikasi SISUKKA dapat mempercepat dan mempermudah tata kelola pemerintahan karena membantu menganalisa isu sebagai bahan pertimbangan kebijakan publik,” ujar M Wijaya, saat melaunching aplikasi SISUKKA di ruang rapat Diskominfo Cilacap, Rabu (07/07/2021).

Wijaya mengatakan, bahwa aplikasi SISUKKA sebagai bentuk teralisasinya tupoksi berdasarkan amanat Peraturan Bupati Cilacap nomor 107 tahun 2016 tentang kedudukan, susunan organisasi, tugas dan fungsi serta tata kerja Dinas Komunikasi dan Informatika.

Menurutnya, dalam Seksi Pengelolaan Informasi dan Statistik mempunyai tugas penyiapan bahan perumusan, pengordinasian, pelaksanaan pemantauan, evaluasi serta pelaporan yang meliputi opini dan aspirasi publik, serta pengelolaan informasi untuk mendukung kebijakan nasional dan pemerintah daerah.

Ia menambahkan, banyaknya pemberitaan media online dengan penyampaian informasi dari berbagai sudut pandang haruslah diadakan manajemen isu. Dengan adanya aplikasi SISUKKA ini dapat memfasilitasi berbagai isu publik untuk diidentifikasi dan dianalisa menjadi suatu kajian untuk membantu pengambilan kebijakan publik.

Menurut Wijaya, aplikasi SISUKKA juga mendapat dukungan dari Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman, Sekretaris Daerah Farid Ma’ruf serta pejabat internal dari Diskominfo Cilacap.

“Diharapkan aksi perubahan ini mampu memaksimalkan pelayanan kepada stakeholdersehingga dapat berjalan dengan optimal, efektif, dan sesuai dengan prosedur,” ujar Wijaya.

Baca juga Jalur Ekstren, Tim Pengawasan dan Evaluasi Tinjau Pelaksanaan TMMD di Pegedongan dengan Jeep

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini