Kamis, 1 Desember 2022

Distribusi Terhambat, Cabai Rawit di Cilacap Rp 100 Ribu per Kilogram

Pedagang dan Pembeli di Pasar Gede Cilacap keluhkan tingginya harga cabai rawit merah yang sempat menembus hingga Rp 100.000 ribu per kilogram. 

Harga cabai dan beberapa kebutuhan pokok seperti sayur mayur belum menunjukan harga yang stabil sejak perayaan Natal dan Tahun Baru. Harga cabai rawit di kisaran Rp 100 ribu per kilogram. Sementara, cabai merah pada kisaran Rp 55 ribu per kilogram.


Cilacap, Serayunews.com

Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Perdagangan, koperasi dan UKM Titi Suwarni membeberkan alasan kenaikan harga cabai di Cilacap. Menurutnya, terhambatnya distribusi dan kurangnya pasokan menjelang libur panjang sebagai penyebab kenaikan harga cabai.

Karena itu, pihaknya sudah melakukan pemetaan alur distribusi dengan baik. Hanya saja, pemetaan itu belum menunjukkan hasil maksimal. Sebab, harga cabai dan beberapa sayuran seperti terong, pare dan timun belum menunjukkan penurunan yang signifikan.

“Kami sudah melakukan pemetaan alur distribusi. Memang harga belum kembali seperti semual, tapi sudah mulai turun,” terangnya.

Baca Juga : Si Pengecat Cabai Pernah Gagal Nikah, Diduga Depresi

Baca Juga : Geger Cabai Rawit Dicat untuk Dijual, Terjadi pada Dua Pasar di Purwokerto

Titi menjelaskan pihaknya juga sudah meminta pelaku distribusi atau pemasok untuk menambah jumlah ke pasar pasar.

“Kami sudah meminta distributor untuk menambah jumlahnya dan kami monitoring terus,” jelasnya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini