Kamis, 29 September 2022

Diterjang Hujan dan Angin Kencang, Sejumlah Rumah di Cilacap Rusak Tertimpa Pohon

Rumah warga di Cilacap rusak tertimpa pohon. (Foto: Dok Pendim Cilacap)

Hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Cilacap pada Rabu (02/02/2022) petang. Akibatnya, sejumlah rumah warga rusak tertimpa pohon yang tumbang.


Cilacap, serayunews.com

Dari informasi yang dihimpun, kejadian hujan deras disertai angin kencang terjadi di wilayah Kecamatan Gandrungmangu. Sebuah pohon albiso roboh menimpa rumah warga di Dusun Sidakaya RT 09 RW 02 Desa Gintungreja.

“Kejadian bencana alam yang terjadi sekitar pukul 17.30 WIB ini menimpa rumah Marijo (42) sehingga atap rumahnya hancur. Tidak ada korban jiwa namun akibat kejadian ini kerugian material ditaksir dua juta rupiah,” ujar  Danramil 10/Gandrungmangu, Kapten Inf Marjono.

Untuk membantu mengatasi pasca kejadian tersebut, aparat di Gandrungmangu bersama warga kerja bakti membersihkan puing puing atap rumah. Mereka juga memotong ranting pohon yang menimpa atap rumah.

“Kepada pihak desa kita juga menyarankan agar masyarakatnya menebang pohon-pohon tinggi yang dirasa membahayakan sehingga tidak terjadi kejadian serupa,” ujarnya.

Selain di Gandrungmangu, kejadian bencana akibat hujan deras disertai angin kencang juga terjadi di Desa Patimuan Kecamatan Patimuan, mengakibatkan atap rumah milik Iwan (62) yang berlokasi di Dusun Kalenpring RT 06 RW 14 mengalami rusak berat.  Kerugian ditaksir mencapai Rp30 juta.

Di Kecamatan yang sama, tepatnya di Dusun Dukuhsalam RT 05 RW 05  Desa Sidamukti, hujan disertai angin kencang akibatkan pohon albiso tumbang dan menimpa rumah Muhamad Musalam sehingga mengalami kerusakan.

Kejadian serupa juga terjadi di Kecamatan Kampunglaut, hujan deras disertai angin kencang akibatkan pohon tumbang dan menimpa dua rumah warga.

Petugas mengimbau kepada pemilik rumah untuk mengungsi ke tempat saudara/kerabatnya yang lebih aman. Petugas berkoordinasi dengan pihak PLN untuk memutus arus listrik ke rumah tersebut untuk menghindari kemungkinan terjadinya korsleting listrik.

“Petugas juga mengimbau kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan dari ancaman bencana yang ada di wilayah sekitar,” ujarnya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini