Selasa, 29 November 2022

Dituntut Sigap Atasi Gangguan Keamanan, Polisi di Cilacap Tingkatkan Keterampilan Dalmas

Sejumlah Perosnel Polres Cilacap Latihan Keterampilan Pengamanan dan pengendalian massa di halaman Mapolres Cilacap, Kamis (29/9/2022). (Humas Polres Cilacap/ Serayunews).

Sebagai pelindung pengayom dan pelayan masyarakat, Polri dituntut untuk selalu siap siaga dalam menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat, termasuk mengantisipasi gangguan keamanan yang melibatkan banyak masyarakat. Untuk itu, Polri di Cilacap tingkatkan pelatihan keterampilan pengendalian massa (Dalmas).


Cilacap, serayunews.com

Kasi Humas Polres cilacap Iptu Gatot Tri Hartanto mengatakan, Polres Cilacap secara rutin selalu menyiapkan anggotanya dengan melatih keterampilan. Salah satunya melatih anggota dalam pengendalian massa (Dalmas) yang biasanya digunakan dalam pengamanan.

“Seperti pengamanan kegiatan yang menghadirkan masyarakat banyak seperti unjuk rasa, pertandingan sepakbola. Sehingga anggota dapat melaksanakan pengamanan dengan baik sesuai standar operasional prosedur (SOP),” ujar Gatot, Kamis (29/9/2022).

Menurutnya, SOP yang dijalankan tersebut sesuai yang tertuang dalam Perkap no.16 tahun 2006 dan Perkap no.1 tahun 2009 tentang penggunaan kekuatan dalam tindakan kepolisian.

Gatot menambahkan, pelatihan ini wajib diikuti oleh seluruh anggota polres dan polsek jajaran. Pelatihan Dalmas kali ini dipimpin oleh Kasat Samapta di halaman Mapolres Cilacap.

“Dengan pelatihan ini diharapkan anggota dalam melaksanakan tugas mengerti apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan sehingga tidak ada kejadian yang dapat merugikan baik dari pihak petugas dan pihak masyarakat,” tambahnya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini