Sabtu, 2 Juli 2022

DPC PDIP Banyumas Utamakan Misi Sosial Kemanusiaan

Kegiatan donor darah di kantor DPC PDIP Banyumas. ( Foto : Dok DPC PDIP Banyumas)

Sebagai partai terbesar, DPC PDIP Banyumas berkomitmen untuk selalu mengedepankan misi sosial kemanusiaan, serta memberikan contoh konkret kepada para kader agar mempunyai kepekaan tinggi terhadap masalah kemanusiaan di sekitarnya.


Purwokerto, Serayunews.com

‘Partai Wong Cilik’ tak hanya sebuah slogan saja, tetapi diikuti dengan tindakan nyata. Sehingga, DPC PDIP selalu hadir di tengah masyarakat yang membutuhkan.

“Kita harus selalu ada di tengah masyarakat, hadir dan memberikan manfaat kepada masyarakat, terlebih bagi kalangan yang sedang mengalami musibah, seperti bencana alam dan lainnya, maka kader-kader PDIP harus bersama mereka, bahu-membahu meringankan beban masyarakat,” kata Sekretaris DPC PDIP Banyumas, Arie Suprapto, Kamis (31/3/2022).

Baca juga  Banyumas Tetap di PPKM Level 1, Awal Juni 2022 Tidak Ada Orang Meninggal Dunia Karena Covid-19

Salah satu wujud kepedulian sosial yang dilakukan DPC PDIP Banyumas adalah dengan rutin melaksanakan donor darah. Dalam satu tahun, DPC PDIP Banyumas rutin menggelar donor darah tiga kali, yaitu pada momen HUT PDIP yang jatuh pada 10 Januari, kemudian pada hari lahir Pancasila tanggal 1 Juni dan pada hari pahlawan, 10 November.

Kegiatan donor darah juga tidak terhenti sewaktu pandemi Covid-19 tahun lalu, tetapi dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Menurut Suprapto, justru pada saat pandemi, stok darah di PMI cenderung menurun, sementara kebutuhan darah meningkat, sehingga demi kemanusiaan, DPC PDIP tetap menggelar donor darah.

Baca juga  Timnas Indonesia Harus Waspadai Mohamed Salah dari Yordania

“Donor darah dilaksanakan di kantor DPC PDIP dan jumlah pendonor terus meningkat. Pada awal kita menggelar kegiatan pesertanya kisaran 200 orang, kemudian bertambah 250 pada kegiatan berikutnya dan seterusnya. Selain kader-kader, masyarakat umum juga banyak yang ikut donor,” jelasnya.

Dalam setiap kegiatan donor darah, DPC PDIP Banyumas juga menyediakan snack, souvenir hingga sembako yang dibagikan untuk para pendonor dari masyarakat umum. Semangat yang dibangun dari kegiatan donor darah adalah membantu PMI Banyumas dalam pengadaan stok darah, sehingga jika sewaktu-waktu masyarakat membutuhkan darah, stok selalu ada.

Baca juga  Kasad Dudung, Resmikan Lapangan Panglima Besar Jenderal Soedirman Cilacap

Selama masa pendemi Covid-19 mulai 2020 lalu, DPC PDIP juga sangat aktif turun untuk membantu masyarakat. Mulai dari membagikan sembako, turun ke wilayah yang lockdown dengan membantu mengirimkan kebutuhan untuk makan, bahkan saat lockdown di wilayah Jatilawang, DPC PDIP turun membuat dapur umum.

Keteladanan dalam hal kemanusiaan yang ditunjukan DPC PDIP Banyumas ini, pada akhirnya juga merambat ke seluruh jajaran. Kader fraksi dari tingkat kabupaten, propinsi hingga pusat, kerap turun bersama, bersinergi dengan DPC PDIP Banyumas untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

Berita Terkait

Berita Terkini