Senin, 23 Mei 2022

Dua Kali Lebaran, Bupati Purbalingga Tak Gelar Open House, Begini Alasannya

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) melaksanakan Salat Idulfitri di Masjid Agung Daarussalam Purbalingga, Kamis (13/5/2021) (Joko Santoso)

Hari Raya Idul Fitri 1442 H yang jatuh pada Kamis (13/5/2021) merupakan lebaran kedua dimana Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) tidak menggelar Open House.  Kondisi serupa terjadi juga pada lebarab tahun lalu.  Situasi pandemi Covid-19 menjadi alasan kegiatan tersebut ditiadakan.


Purbalingga, serayunews.com

“Kami mematuhi aturan pemerintah. Seperti lebaran tahun lalu, tahun ini karena juga  masih dalam situasi pandemi Covid-19, maka Open House tidak diadakan. Tujuannya untuk menghindari kerumunan dan mencegah penularan Covid-19,” kata Tiwi.

Baca juga  Kepergok Nyolong Sepeda, Pemuda di Purbalingga Ini Bakal Berlebaran di Balik Jeruji

Sebelumnya Open House di Hari Raya Idul Fitri  yang biasanya dilaksanakan di kompleks Pendapa Dipokusumo menjadi agenda rutin. Tradisi tersebut juga dilakukan oleh bupati periode sebelumnya.

Dalam acara tersebut, pejabat, tokoh masyarakat bahkan hingga masyarakat biasa bisa datang dan berhalalbihalal dengan bupati dan keluarga.

Kendati tidak melaksanakan Open House, Tiwi bersama suaminya Rizal Diansyah tetap melaksanakan Shalat Idul Fitri di Masjid Agung Daarussalam, Kamis (13/5/2021) pagi.  Shalat dilaksanakan pukul 06.30 WIB dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

 “Usai shalat saya menyempatkan diri menyapa warga yang juga melaksanakan ibadah,” ujar Tiwi.

Baca juga  Awal Juni 2022, Warga Banyumas Raya Bisa Terbang Murah dengan Wings Air dari Bandara Jenderal Besar Soedirman Purbalingga
Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) setelah melaksanakan Shalat Idulfitri (Joko Santoso)

Selanjutnya Tiwi bersama suami dan keluarga kembali ke rumah dinas di kompleks Pendapa Dipokusumo. Tiwi juga menyempatkan menyapa sejumlah pegawai yang kebetulan melaksanakan Shalat Id di tempat yang sama.

“Karena tidak ada Open House, saya dan suami melakukan silaturahmi dengan keluarga inti saja,” ucapnya.

Guna menyapa warganya di Idul Fitri, Tiwi melakukannya secara virtual. Termasuk diantaranya membuat video ucapan Idul Fitri bagi masyarakat Purbalingga. Ucapan tersebut disampaikan melalui media sosial termasuk akun insatgram @dyahhayuningpratiwi, juga sejumlah lembaga penyiaran, termasuk diantaranya Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Gema Soedirman milik Pemkab Purbalingga.

Baca juga  Bangkitkan Kejayaan Batu Akik Purbalingga, Klawing Gems Competition 2022 Digelar

“Karena situasi masih pandemi saya menghimbau kepada warga untuk bisa menjaga protokol kesehatan. Untuk warga Purbalingga, saya mengucapkan selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir bathin. Pandemi belum berakhir, tetap jaga kesehatan dan tetap menerapkan protokol kesehatan,” imbuh Tiwi.

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini