Senin, 4 Juli 2022

Dukung Pengembangan Pasar Rakyat, PT KPI Unit Cilacap Resmikan Pasar Amarta Kutawaru

Guna mengembangkan potensi kearifan lokal di Kutawaru, wilayah kelurahan dengan area terluas di Kabupaten Cilacap, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Cilacap membangun pasar rakyat yang diberi nama Pasar Amarta.


Cilacap, serayunews.com

Pasar yang terletak di RW 06 Kutawaru ini diresmikan, Jumat, (1/4/2022) lalu oleh Camat Cilacap Tengah melalui Sekretaris Camat (Sekcam) Yusuf Kuncoro.

Officer CSR & SMEPP, RU IV Cilacap PT KPI Unit Cilacap, Aditya Anung Dwi Nugroho mewakili Are Manager Communication, Relations & CSR mengatakan, sebagai bagian dari program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) bidang pemberdayaan masyarakat, pihaknya berharap pasar Amarta dapat berkembang dengan baik.

Baca juga  Matangkan Implementasi Kurikulum Merdeka, SMK Dr Soetomo Gandeng Guru Penggerak Cilacap

“Pasar ini bisa menjadi sentra jual beli warga Kutawaru, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan warga,” katanya.

Sekcam Yusuf Kuncoro, juga mengimbau agar Pasar Amarta memiliki kekhasan tersendiri dalam menjual berbagai macam kebutuhan masyarakat, sehingga menarik minat warga di luar Kutawaru. Dengan demikian akan meningkatkan income yang berimbas pada kesejahteraan pedagang.

“Bila perlu dibuat hari pasaran khusus, untuk menjual produk- produk khas Kutawaru,” ujarnya.

Sementara Muhajir, Kabid Pasar DPKUKM Cilacap mengingatkan, agar pasar dikelola dengan baik antara pedagang dan pengelola pasar.

“Buat tim pengelola, berlakukan retribusi pasar berdasarkan besaran tarif yang sesuai perda. Tujuannya, untuk menjaga dan merawat fasilitas pasar supaya pasar ini aman dan nyaman,” jelasnya.

Baca juga  PSCS Cilacap Tunjuk Hendri Susilo sebagai Pelatih Baru

Marsidi, perwakilan DLH Cilacap berharap, agar Pasar Amarta ini bisa menjadi pasar yang ramah lingkungan.

“Para pedagang wajib menjaga kebersihan pasar, upayakan pada masing- masing kios harus ada tempat sampah dan fasilitas umum seperti toilet harus dijaga kebersihannya,” katanya.

Pegiat Lembaga Pemberdayaan dan Pembangunan Masyarakat Kelurahan (LPPM Kutawaru, Rato, memberikan apresiasi kepada Pertamina yang telah merealisasikan kebutuhan pasar di Kutawaru.

“Sudah banyak program-program CSR PT KPI Unit Cilacap yang mendukung proses pengembangan Kelurahan Kutawaru terintegrasi dengan upaya pembenahan Kutawaru menjadi destinasi wisata,” jelasnya.

Baca juga  Ngeri! 7 Hari Terombang-ambing di Laut Selatan, 5 ABK Diselamatkan Nelayan Cilacap

Menurutnya, Kampung Kepiting sebagai destinasi kuliner yang pernah digagas oleh Pertamina, kini telah menghasilkan omzet sebesar Rp 52 juta per bulan.

“Hal ini membuktikan program CSR Pertamina memberikan dampak luar biasa yang langsung dirasakan oleh masyarakat, terima kasih Pertamina,” pungkasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini