More

    Ketagihan Gowes? Yuk….Wajib Persiapkan Hal Ini

    Purwokerto, Serayunews.com- Ditengah pandemi Covid-19 ini, bersepeda menjadi tren baru dalam olahraga. Selain membuat badan lebih segar, gowes juga membuat bahagia.

    Namun, ada baiknya ditengah pandemi ini, gowes sebaiknya tidak pergi ke tempat yang ramai dikunjungi banyak orang. Gowes jarak sedang hingga jauh bisa menjadi satu alternatif untuk yang menyukai olahraga satu ini supaya tidak berkumpul di tempat keramaian untuk menghindari penularan corona.

    Nah, sebelum gowes ada baiknya melakukan berbagai persiapan. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya trouble di tengah perjalanan. Seperti yang diungkapkan anggota Gowesist Purwokerto, Sina.

    Menurutnya, meskipun gowes hanya aktivitas mengayuh sepeda namun butuh persiapan. Supaya tidak terjadi kendala yang memberatkan di tengah jalan. Apalagi, untuk pemula yang belum mengetahui persoalan sepeda, persiapan wajib dilakukan. Berikut hal-hal yang wajib di persiapkan.

    1. Pemanasan

    Pesepeda tidak boleh melewatkan bagian ini, yakni pemanasan. Seperti sebelum melakukan olahraga apapun, wajib melakukan pemanasan. Pemanasan ini bukan sekadar kegiatan rutin awal saja. Tapi supaya otot atau urat tidak mengalami ketegangan saat melakukan aktivitas olahraga termasuk gowes. Tidak perlu terlalu lama, pemanasan cukup dilakukan selama 30-60 menit saja.

    2. Membawa Minuman

    Selain pemanasan, membawa minuman juga sangat penting. Karena gowes termasuk olahraga yang cukup memakan banyak energi. Membawa minuman ini untuk menghindari dehidrasi selama perjalanan. Dengan membawa bekal minuman sendiri, ditengah pandemi seperti ini, kebersihannya lebih terjamin.

    3. Rutin Servis Sepeda

    Bukan cuma manusia yang perlu diperhatikan, sepeda juga butuh perhatian. Jangan lupa untuk rutin memberikan servis ringan pada sepeda anda. Karena semakin rutin sepeda diservis, semakin nyaman pula digunakan.

    Sina mengatakan untuk servis ringan sepeda biayanya tidak terlalu mahal, hanya sekitar Rp 15 ribu. Bahkan, jika memiliki alat-alat sendiri, anda juga bisa melakukan servis ringan di rumah.

    4. Cek Kondisi Sepeda

    Meskipun rutin melakukan servis sebelum gowes, anda harus mengecek kondisi sepeda, mulai dari ban, rantai dan rem. Karena keamanan saat gowes menjadi faktor utama, jadi jangan sampai lupa mengecek kondisi sepeda anda.

    Rem merupakan komponen paling penting dalam bersepeda. Pengecekan kondisi rem bisa dilakukan sebelum, saat bersepeda dan sesudah bersepeda. Pengecekan rutin bisa memberikan jaminan keselamatan lebih tinggi.

    Kondisi rantai sepeda juga tak luput masuk dalam daftar persiapan. Pengecekan secara berkala akan lebih baik untuk memastikan sepeda dalam kondisi bagus.

    5. Bawa Kunci-kunci

    Sebagian orang mungkin menganggap tidak terlalu penting membawa kunci-kunci peralatan sepeda. Namun, kunci-kunci ini menjadi hal yang sangat penting dibawa saat gowes. Karena kunci-kunci ini untuk berjaga-jaga saat terjadi trouble di jalan.

    9. Menggunakan Sepatu dan Helm Khusus

    Menggunakan sembarang alas kaki dapat membahayakan pengguna sepeda. Maka dari itu pesepeda perlu mempersiapkan sepatu khusus.Selain sepatu, pesepeda juga wajib memakai helm khusus sepeda. Persiapan ini juga menjadi aktivitas yang tidak kalah penting dengan persiapan lainnya demi menunjang keamanan dan kenyamanan.

    10. Menyiapkan Kostum yang Nyaman

    Selain menggunakan sepatu dan helm khusus bersepeda, menggunakan kostum atau pakaian bersepeda yang nyaman juga diperlukan. Baju bersepeda memiliki desain berbeda dari pakaian olahraga lainnya. Baju bersepeda juga memiliki bahan yang berbeda. Kostum yang pas dapat membuat pesepeda lebih nyaman saat mengayuh.

    Persiapan sebelum bersepeda tersebut wajib bagi para pesepeda, supaya gowes semakin nyaman dan aman. Apalagi saat dilakukan ditengah masa normal baru seperti saat ini.

    Berita Terkait

    HUT Ke 75 PMI, Ratusan Warga Donor Darah Untuk Kemanusiaan

    BANJARNEGARA, Serayunews.com-Memeringati hari PMI ke 75, ratusan warga mengikuti kegiatan donor darah yang dilaksanakan di sekretariat PMI Cabang Banjarnegara. Kegiatan tersebut digelar sebagai wujud...

    Mengenal Tabebuya Bukan Bunga Sakura, Tanaman Peneduh di Purwokerto

    Purwokerto, Serayunews.com- Memasuki musim kemarau, berbagai jenis bunga mulai bermekaran. Termasuk si kuning di sepanjang jalan Jenderal Soedirman Purwokerto, yakni Bunga Tabebuya. Bunga asal Brasil...

    Agar Tetap Produktif, Pensiunan Pegawai RRI Dibekali Kemampuan Usaha

    Purwokerto, Serayunews.com- Sebagai bentuk kepedulian terhadap pegawai RRI yang sudah purna tugas maupun menjelang purna, Manajemen RRI memberikan pembekalan pelatihan kewirausahaan, agar mereka bisa...

    Sejumlah Anggota Kodim Banyumas Yang Terpapar Covid Kini Dinyatakan Negatif

    Purwokerto, Serayunews.com- Menyusul adanya anggota  yang terkonfirmasi positif Covid-19,  Kodim 0701 Banyumas langsung melakukan swab massal kepada anggotanya. Hasilnya, dari 300 anggota yang diswab, ada yang...

    Berita Terkini

    HUT Ke 75 PMI, Ratusan Warga Donor Darah Untuk Kemanusiaan

    BANJARNEGARA, Serayunews.com-Memeringati hari PMI ke 75, ratusan warga mengikuti kegiatan donor darah yang dilaksanakan di sekretariat PMI Cabang Banjarnegara. Kegiatan tersebut digelar sebagai wujud...

    Barisan Politisi Kampung Targetkan Raup Suara 80 Persen Untuk Pasangan Tiwi-Dono

    Purbalingga, Serayunews.com - Dukungan kepada pasangan bakal calon Bupati-Wakil Bupati Tiwi-Dono bertambah. Kali ini, dukungan datang dari para politisi kampung. Mereka bersatu dan membuat...

    DPRD Apresiasi Serapan Anggaran APBD, Banjarnegara Masuk 10 Besar Tingkat Nasional

    BANJARNEGARA, Serayunews.com-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banjarnegara menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) APBD perubahan Kabupaten Banjarnegara Tahun Anggaran 2020. Persetujuan atas Raperda ini tercermin...

    Korsleting di Kandang Ayam, Ruko Terbakar

    Cilacap, Serayunews.com-Kebakaran terjadi di Dusun Petenangan Desa Bantarsari Kecamatan Bantarsari, Sabtu (19/9/2020) sekitar Pukul 13.30 WIB. Kebakaran diduga diakibatkan adanya korsleting di kandang ayam...